Read Also

Menurut laporan Global Talent Competitiveness Index (GTCI) 2017, Indonesia menempati peringkat ke-90 dari 118 negara di kawasan Asia Pasifik dalam hal daya saing Sumber Daya Manusia (SDM). Dibanding dengan negara ASEAN, Indonesia tertinggal dari Singapura dan Malaysia yang masing-masing duduk di peringkat ke 2 dan 28.

Meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) agar bisa sejajar dengan negara-negara maju adalah tugas seluruh komponen bangsa. Tanoto Foundation sebagai lembaga filantropi swasta turut mendukung peningkatan SDM melalui sektor pendidikan.

“Tanoto Foundation fokus pada sektor pendidikan. Karena kami percaya bahwa pendidikan adalah kunci  dalam upaya membangun masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata Anderson Tanoto, anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation.

Langkah nyata dari dukungan tersebut, Tanoto Foundation bekerja sama dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menggandeng Universitas Riau mendirikan Program Vokasi tingkat Diploma 3 bidang Pulp & Kertas.

“Dalam kerja sama ini, Tanoto Foundation dan PT RAPP akan mendukung pengembangan Universitas Riau sebagai center of excellence dalam membangun kompetensi sumber daya manusia yang cakap dalam industri pulp dan kertas.

Dukungan ini juga sebagai wujud  komitmen Tanoto Foundation memperkuat korelasi antara kompetensi yang dibangun dunia pendidikan dengan ekspektasi dunia industri demi mendorong peningkatan peluang kerja yang luas,” terang Anderson Tanoto.

Dukungan tersebut berupa software dan hardware pendidikan. Dalam bidang software, dukungan akan diberikan dalam bentuk pelatihan, penelitian, beasiswa dan kuliah tamu (guest lecturing).

Dalam hal hardware, dukungan akan diberikan dalam bentuk pembangunan gedung perkuliahan yang mencakup ruang kelas, laboratorium lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya di lahan seluas 4.300 meter persegi milik Universitas Riau. Nilai investasi keseluruhan dalam dukungan ini mencapai Rp24,8 miliar.

“Saya menyampaikan apresiasi  kepada Tanoto Foundation dan PT. RAPP yang telah mendukung upaya penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) Industri yang kompeten dengan melibatkan perguruan tinggi di Riau,” ujar Menteri Perindustrian Republik Indonesia Ir. Airlangga Hartarto, MBA MMT, saat menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Tanoto Foundation, PT RAPP dan Universitas Riau, Minggu, 21 Januari 2018.

Seperti diketahui, posisi industri pulp dan kertas Indonesia di dunia internasional cukup unggul, di mana industri pulp menempati peringkat ke-10 dan industri kertas peringkat ke-6. Sementara di Asia menempati peringkat ke-3 untuk industri pulp maupun kertas.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *