#TanotoEducation,

#TanotoScholarsAssociation,

#TSABrawijaya #MenjadiTeladan #TanotoScholars #TanotoFoundation,

blog

Jumat, 8 Maret 2019

Perjalanan Membawa Prestasi di Negeri Gingseng

Don’t dream of being a good person, be a human being is valuable and gives value to life” Albert Einstein.

Janganlah bermimpi menjadi sukses, jadilah seseorang yang berguna. Boleh saja bermimpi untuk sukses, tetapi alangkah baiknya kesuksesan itu sebagai pembawa manfaat bagi orang lain. Salah satunya Ismelia Novitasari atau biasa disapa ismel, Tanoto Scholars Universitas Brawijaya.

Diawali dengan Pertumbuhan Ekonomi Nasional disumbangkan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ismel mencari info terkait UMKM yang berada di Malang, dan mendapatkan sekitar 200 list UMKM. Setelah melakukan survei UMKM di Malang, ternyata selama ini UMKM di Malang tak berkembang. Dikarenakan minimnya pengetahuan untuk branding, packaging, dan lain sebagainya. Sehingga warga pelaku UMKM lebih memilih menjual produk murni ke pengepul yang lebih pasti terjual dibandingkan dengan mengolahnya dan dijual ke konsumen dengan profit yang lebih banyak.

Dari masalah itu, Ismel memiliki gagasan dalam membantu UMKM yang ada di Malang. Membuat aplikasi berbasis Mobile Android yang sekarang bernama Mang.id, berfungsi untuk membantu UMKM lokal yang ada di Malang untuk bersaing dan mem-branding. Dimana pada aplikasi itu terdapat detail dan review UMKM.

Kesuksesan diiringi sebagai pembawa manfaat bagi orang lain. Justru sebaliknya, Ismel mempunyai tujuan yang bermanfaat bagi orang lain dengan membuat aplikasi branding. Ia membawa ide tersebut ke kancah internasional. Yaitu Seoul International Invention Fair 2018 acara yang mendatangkan inventors and researchers diseluruh dunia untuk menunjukan ide baru yang membangun brand lokal, bertempat di Seoul, Korea Selatan.

Tak disangka idenya membuatnya memenangkan GrandPrize atau piagam tertinggi dibandingkan pesaing – pesaingnya yang lebih senior dari negara – negara lain. Ismel, selanjutnya memiliki rencana jangka Panjang untuk mengembangkan aplikasinya, tidak hanya review dan detail melainkan menambahkan fitur jual beli. Ismel juga akan melakukan pelatihan terhadap UMKM yang ada di Malang terkait pengembangan cara branding, packaging, dll.

View this post on Instagram

[ RUANG PRESTASI ] Halo T-Friends!! pekan lalu salah satu scholars TSA UB yang menorehkan prestasinya. Kami ucapkan SELAMAT kepada Ismelia Novitasari Tanoto Scholars Association UB yang telah berhasil membawa GrandPrize pada Seoul International Invention Fair 2018 acara yang mendatangkan inventors and researchers diseluruh dunia untuk menunjukan ide baru yang membangun brand lokal, bertempat di Seoul, Korea Selatan. Semoga hasil dari perjuangan ini bisa menginspirasi T-Friends lainnya ya!! Yuk, kita tingkatkan semangat kita untuk berkarya dan berinovasi untuk negeri.#menjadiTELADAN #tanotoscholars #TSABRAWIJAYA #TrainingManagement Info resmi dapat dilihat di: Twitter: TSA_Brawijaya Instagram: TSA_Brawijaya Facebook: Tsa Brawijaya Line: @xwa8321f Website: tanotofoundation.org —————————————— Departemen Eksternal Tanoto Scholar Association Universitas Brawijaya 2019

A post shared by Tanoto Scholars Univ.Brawijaya (@tsa_brawijaya) on

“Kita sebagai mahasiswa yg katanya “agent of change” “social control” harusnya bisa benar-benar menerapkan hal tersebut melalui sebuah karya yang bisa dinikmati dan berguna bagi masyarakat. Jangan takut untuk berkarya, jangan takut untuk berinovasi, hari ini waktu nya kita mengabdi. Tetap Semangat”

Ismelia Novitasari, Tanoto Scholars Universitas Brawijaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

AUTHOR

Digital Team