Read Also

Kampung Kahuripan? Ya, kampung kahuripan merupakan desa binaan TSA IPB yang berada di Desa Sukadamai, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya tak begitu jauh dari Kampus IPB Dramaga. Butuh waktu kurang lebih 1 jam menuju Kampung Kahuripan. Biasanya kami melakukan kegiatan bina desa setiap hari sabtu dari sianghari hingga sore hari.

View this post on Instagram

Apa kabar Kahuripan sabtu ini? Sabtu, 12 Mei 2018 TSA IPB bina desa dihadiri 36 anak dan 5 anggota TSA, kegiatan terbagi atas 2 kelompok kelas baca. Kelompok 1 terdiri dari anak-anak yang sudah bisa membaca dan mereka membaca buku secara mandiri. Kelompok 2 terdiri dari anak-anak yang belum bisa membaca, jadi kaka TSA membacakan ceritanya kepada mereka. Setelah membaca buku bersama kaka TSA bersama adek-adek, kita melanjutkan bermain game yang berjudul "dengarkan instruksi saya". Dari game ini dapat di ambil pelajaran seperti kejujuran, kerjasama, kecepatan dan kefokusan. Setelah game berakhir, jadi berakhir pula kegiatan bindes kami hari ini. Sebelum berpisah sampai minggu berikutnya, kakak tak lupa mengingatkan ke adek-adeknya buat puasa Ramadhan😘 Dan… Marban ya Ramdhan dan selamat berpuasa semuanya😘😘 Sekian kabar Kahuripan kali ini. Kabar kahuripan hari ini ditutup dengan kejadian ban dalam motor yang dibawa TSA IPB pecah dan sobek hingga terbelah dua, ini salah satu pengalaman yang tak terlupakan hari ini. Sampai jumpa di bindes selanjutnya 😊 #TanotoFoundation #TanotoEducation #tsaipb @tanotoeducation

A post shared by TanotoScholars Association IPB (@tsaipb) on

Adik – adik Kahuripan, begitulah kami biasa menyebutnya, berjumlah sekitar 40 orang yang berasal dari berbagai kalangan kelompok usia, dari balita hingga anak – anak kelas 6 SD. Banyak hal yang kami lakukan bersama adik – adik Kahuripan seperti mengulang mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, belajar, membaca, bernyanyi dan bermain bersama. Selain itu, kami juga mengajarkan kepada mereka tentang bagaimana cara menanam dan merawat tanaman dengan baik. Hal tersebut kita wujudkan melalui program YUK BERKEBUN. 

Program YUK BERKEBUN ini dilaksanakan pada bulan November 2018. Kami menyewa lahan warga setempat untuk kami kelola bersama adik adik Kahuripan. Kami mengajarkan adik – adik Kahuripan mengenai pengenalan benih tanaman sebelum penanaman, pengenalan pupuk yg akan digunakan, dan pengenalan gulma – gulma yang dapat membahayakan kelangsungan hidup tanaman tersebut.

Adik – adik Kahuripan sangat antusias dengan program ini. Kegembiraan dan keceriaan mereka terlukis oleh setiap gerakan semangat yang mereka lakukan. Kami percaya bahwa melalui program – program TSA IPB dalam bina desa bersama adik – adik Kahuripan dapat membawa dampak positif terhadap pembangunan Kahuripan dimasa depan. Terima kasih Tanoto Foundation salam dari TSA IPB.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *