Read Also

Dalam rangka mendukung mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan, para penerima Beasiswa Tanoto Foundation yang tergabung dalam Tanoto Scholars Association IPB menjalankan kegiatan TSA IPB Mengajar di Desa Kahuripan, Bogor, Jawa Barat.

Program ini telah dimulai sejak tahun 2014. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat baca serta membantu anak-anak Desa Kahuripan dalam belajar. Motivasi tinggi TSA IPB untuk melaksanakan program ini adalah kepedulian terhadap sesama yang dicontohkan oleh pendiri Tanoto Foundation Bapak Sukanto Tanoto dan Ibu Tinah Bingei Tanoto.


Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh TSA IPB berupa hibah buku bacaan, kegiatan calistung (baca tulis menghitung), dan story telling kepada adik-adik Desa Kahuripan. Usia anak yang dibimbing oleh TSA IPB mulai dari 3 tahun hingga kelas 2 SMP. Setiap minggunya adik-adik menunggu TSA IPB dengan gembira namun diakhir pertemuan TSA IPB Mengajar pun tiap minggunya raut adik-adik menjadi sedih karena harus berpisah dengan TSA IPB. Wajah orang tua dengan sinar mata yang berbinar pun sering terlihat setiap TSA IPB pamit pulang sebab dukungan orang tua juga sangat baik bagi program ini.

View this post on Instagram

Apa kabar Kahuripan sabtu ini? Sabtu, 12 Mei 2018 TSA IPB bina desa dihadiri 36 anak dan 5 anggota TSA, kegiatan terbagi atas 2 kelompok kelas baca. Kelompok 1 terdiri dari anak-anak yang sudah bisa membaca dan mereka membaca buku secara mandiri. Kelompok 2 terdiri dari anak-anak yang belum bisa membaca, jadi kaka TSA membacakan ceritanya kepada mereka. Setelah membaca buku bersama kaka TSA bersama adek-adek, kita melanjutkan bermain game yang berjudul "dengarkan instruksi saya". Dari game ini dapat di ambil pelajaran seperti kejujuran, kerjasama, kecepatan dan kefokusan. Setelah game berakhir, jadi berakhir pula kegiatan bindes kami hari ini. Sebelum berpisah sampai minggu berikutnya, kakak tak lupa mengingatkan ke adek-adeknya buat puasa Ramadhan😘 Dan… Marban ya Ramdhan dan selamat berpuasa semuanya😘😘 Sekian kabar Kahuripan kali ini. Kabar kahuripan hari ini ditutup dengan kejadian ban dalam motor yang dibawa TSA IPB pecah dan sobek hingga terbelah dua, ini salah satu pengalaman yang tak terlupakan hari ini. Sampai jumpa di bindes selanjutnya 😊 #TanotoFoundation #TanotoEducation #tsaipb @tanotoeducation

A post shared by TanotoScholars Association IPB (@tsaipb) on


Kegiatan TSA IPB mengajar ini rutin dilakukan setiap minggunya di hari Sabtu. Kegiatan TSA IPB mengajar dilakukan dengan metode belajar kelompok kepada adik-adik di Desa Kahuripan. Adik-adik Desa kahuripan begitu antusias menunggu kedatangan Tanoto Scholars setiap Sabtunya untuk belajar dan bermain bersama. Kegiatan storytelling menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak Desa Kahuripan. Melalui kegiatan storytelling ini TSA IPB mengenalkan Bahasa Inggris kepada adik-adik Desa Kahuripan dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti.

Pendekatan literasi yang mudah dan menyenangkan ini membuat adik-adik Desa Kahuripan senang dalam kegiatan TSA IPB mengajar ini dan semakin meningkatan minat baca dari adik-adik tersebut. Kegiatan literasi tersebut merupakan kunci penting untuk mendukung proses pembelajaran pada usia anak-anak. Terima kasih Tanoto Foundation, salam TSA IPB-Jadilah Bintang.

Ditulis oleh Kalvin Laia, Tanoto Scholar dari Institut Pertanian Bogor.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *