#PelitaPendidikan,

blog

Selasa, 23 Januari 2018

Peran Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

Pendidikan adalah komponen penting dalam majunya peradaban suatu bangsa. Telah banyak upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Namun, dirasa masih belum memberikan pengaruh yang optimal dan signifikan. Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu hal demikian terjadi. Faktor pemicu tersebut adalah; kebijakan penyelenggaraan pendidikan nasional yang berorientasi pada hasil, penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan secara sentralistik, dan kurangnya keterlibatan peran serta masyarakat terkhusus orang tua siswa.

 

Hari ini pertemuan ke tiga K3S Tkl ulu dgn tim Tanoto Foundation mengenai transparansi dan akuntabilitas publik, inti…

Posted by Elita on Saturday, 9 December 2017

 

Untuk memaksimalkan peningkatan pendidikan, Pemerintah mengupayakan penyelenggaraan pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah proses mengelola sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif secara langsung semua komponen warga sekolah, yaitu; kepala sekolah, guru, siswa, orang tua dan masyarakat.

Tanoto Foundation melihat bahwa mayoritas sekolah mengalami kesulitan dalam melaksanakan MBS ini. Maka dari itu, melalui Pelita Pendidikan, Tanoto Foundation memberikan pelatihan MBS untuk membantu, mendorong serta mendampingi pelaksanaan MBS. Pelatihan tersebut mempelajari tentang tugas pokok dan fungsi masing-masing komponen warga sekolah, peran serta masyarakat, kreativitas menghimpun berbagai sumber daya dan dana, serta transparasi dan akuntabilitas publik.

 

Action RTL PSM(Peran Serta Masyarakat) hari ini berlangsung sukses di awali dgn pembukaan dgn yel2 'Semangat Pagi'dan…

Posted by Elita on Monday, 11 December 2017

 

Salah satu sekolah dampingan Tanoto Foundation yang aktif melaksanakan Rencana Tindak Lanjut (RTL) MBS ini adalah SDN 92/ V Gemuruh, Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Ibu Elita sudah mengenal MBS sebelumnya yaitu merujuk pada UU Nomor 20 Tahun 2003. Akan tetapi penerapannya di sekolah belum begitu mengerti.

Selama ini Ibu Elita baru mengenal bentuk penerapan peran serta masyarakat secara sederhana yaitu seputar kontribusi berupa tenaga saat ada kegiatan atau perayaan hari besar tertentu. Pelatihan MBS oleh Tanoto Foundation menambah wawasan Ibu Elita. Kini, Ibu Elita mengetahui bahwa peran serta masyarakat tidak hanya berupa kontribusi tenaga saja. Ternyata peran serta masyarakat dalam pembangunan pendidikan itu bermacam-macam menurut tingkatannya. Peran serta masyarakat diklasifikasikan dalam 7 tingkatan, dapat berupa; peran serta dengan menggunakan jasa pelayanan yang tersedia, peran serta dengan memberikan kontribusi dana, bahan, juga tenaga, peran serta pasif, peran serta melalui konsultasi, peran serta dalam pelayanan, peran serta sebagai pelaksana kegiatan yang didelegasikan/ dilimpahkan, serta peran serta dalam pengambilan keputusan. Saat ini Ibu Elita berkomitmen akan terus meningkatkan peran serta masyarakat untuk sekolah yang beliau pimpin.

“Sejak menerima campur tangan Tanoto Foundation, wawasan bertambah serta keterampilan semakin terlatih, guru-guru pun menjadi lebih kreatif, metode dan alat pembelajaran pun semakin beragam. Saya lebih yakin dan mantap dalam melaksanakan MBS.” Tutur Ibu Elita, Kepala Sekolah SDN 92/ V Gemuruh.

 

Action ke 2 hari ini di lanjutkan dgn penyampaian materi ttg PSM dan pembentukan paguyuban kls 3,4,5 dan6 yg di dampingi…

Posted by Elita on Friday, 15 December 2017

 

Perubahan lain yang dialami oleh Ibu Elita setelah mendapatkan pelatihan MBS adalah Ibu Elita bisa merangkul lebih banyak komponen warga sekolah yang dapat diajak bekerja sama untuk membangun pendidikan. Saat ini, Ibu Elita pun telah membentuk paguyuban orang tua murid masing-masing kelas, tiap paguyuban ini memliki program kerjanya masing-masing. Pelaksanaan RTL di sekolah mampu menciptakan komunikasi dua arah antara pihak sekolah dan orang tua, orang tua murid mendapatkan informasi yang utuh mengenai pembelajaran anak di sekolah, dan mempererat silahturahmi antar orang tua murid.

Manajemen Berbasis Sekolah adalah salah satu upaya untuk mengikutsertakan seluruh komponen warga sekolah untuk  bersama-sama membangun pendidikan, sehingga tanggung jawab terhadap perkembangan pendidikan tidak berada di satu tangan. Semoga pelaksanaan RTL MBS yang keberlanjutan dapat menaikkan statistik peningkatan mutu pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

AUTHOR

Digital Team