#1000Bakau,

#BinaDesaBaganKuala2017,

#TanotoFoundation,

#TanotoInitiative,

#TanotoScholars,

#TSAMedan,

blog

Jumat, 23 Juni 2017

1000 Bakau untuk Bagan Kuala

Horas!!! Seruan khas milik Tanoto Sholars Medan memulai kegiatan TSA Medan kali ini. Kegiatan yang paling ditunggu-tunggu di tahun 2017 yakni “Bina Desa Tu Huta Bagan Kuala”. “Tu Huta” yang merupakan bahasa Batak memiliki arti “pergi ke”, jadi TSA Medan Tu Huta Bagan Kuala dapat diartikan TSA Medan ke Desa Bagan Kuala. Bina desa kali ini berlokasi di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, provinsi Sumatera Utara. Desa Bagan Kuala memakan tiga jam waktu perjalanan dari kota Medan. Program Bina Desa Bagan Kuala telah dimulai sejak 20 Mei 2017. Pada 10-11 Juni 2017, sudah ketiga kalinya TSA Medan berangkat ke Desa Bagan Kuala. Agenda yang dibawakan kali ini adalah “Menanam 1000 Bakau”. Lokasi Desa Bagan Kuala yang tidak jauh dari pantai menginspirasi scholars untuk menjaga kondisi pantai dari abrasi.

Bapak kepala desa juga dengan senang hati berbagi cerita dan pengalaman beliau selama menjabat di Desa Bagan Kuala. Dulu, Desa Bagan Kuala pernah mengalami abrasi yang cukup parah sehingga mengakibatkan banyak kerusakan dan kerugian yang cukup besar bagi penduduk yang tinggal di sepanjang bibir pantai. Oleh karena itu, beliau bersama warga desa bersama-sama membangun penahan ombak untuk mencegah kerusakan yang lebih parah diakibatkan oleh abrasi pantai.

View this post on Instagram

Horas!!! ? [TSA Medan Tu Huta Bagan Kuala Part 3] Hai hai, T-Friends, kembali lagi dengan kegiatan terfavorit TSA Medan yakni Bina Desa.. Bina Desa Bagan Kuala Part 3 diadakan pada 10-11 Juni 2017, agenda kali ini adalah "Menanam 1000 Bakau".. Wow, 1000 bakau loh T-Friends ? Yesss, kegiatan kali ini bekerja sama dengan warga desa Bagan Kuala untuk menanam bibit pohon bakau di sepanjang bibir pantai.. Menanam nya ngga asal² an loh T-Friends, harus d tanam pada tempat yang berlumpur agar bakau nya bisa tumbuh dengan baik, T-Scholars Medan juga siap kotor²an, karena berani kotor itu baik (ups bukan iklan yaa ?).. Meski sedang berpuasa, T-Scholars Medan tetep semangat kok nanam bakau nya.. Adik² Desa Bagan Kuala juga turut berkontribusi membantu kakak abang scholars buat nanam bibit bakau.. Pengalaman yang luar biasa banget bisa berbagi keceriaan dan kebersamaan bersama warga Desa Bagan Kuala apalagi Bapak Kepala Desa dan warga yang selalu senang berbagi cerita dan pengalaman dengan scholars ? Bakal kangen banget mengukir pengalaman baru d Desa Bagan Kuala, dan semoga bibit bakau nya bisa tumbuh dengan baik yaa, so see u in [TSA Medan Tu Huta Bagan Kuala Part 4], T-Friends.. pantengin terus yaa ? TSA Medan "Sharing each other, inspiring everyone, and leading to the better future" #TanotoFoundation #TSAMedan #TanotoScholars #TanotoInspiring #TanotoEducative #TanotoInitiative #BinaDesaBaganKuala #Menanam1000Bakau #1000Bakau #2k17

A post shared by H O R A S !!! (@tsamedan) on

Tanoto Scholars Medan datang di saat yang tepat banget, dengan inisiatif melaksanakan kegiatan penanaman bakau, T-Scholars juga membantu warga Desa Bagan Kuala mengatasi kerusakan akibat abrasi pantai. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada pagi hari karena air pantai yang sudah surut. Menanam bibit bakau bukanlah hal yang mudah. Karena bakau hanya hidup di tempat yang berlumpur, T-Scholars harus berani berkotor-kotor dalam kubangan lumpur. Sebanyak 1000 bibit bakau akan ditanam di sepanjang bibir pantai. Warga desa maupun adik-adik turut berkontribusi dalam penanaman bibit bakau. Tentu saja adik-adik berada dalam pengawasan T-Scholars maupun warga. Meski suasana berpuasa, T-Scholars dan warga desa tetap bersemangat dalam menanam bibit.


Waktu yang dilewati bersama warga dan adik-adik sungguh menyenangkan. Warga Desa Bagan Kuala sangat terkenal dengan kemurahan senyum dan keramah tamahannya. Tak terasa waktu berlalu dengan cepat, 1000 bibit pohon bakau berhasil ditanam di sepanjang bibir pantai. Kegiatan TSA Medan kali ini sukses. Tak sabar untuk bertemu lagi di TSA Medan Tu Huta Bagan Kuala Part IV mendatang.

 

TSA Medan

Sharing each other, inspiring everyone and leading to the better future

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

AUTHOR

Digital Team