Read Also

Tak ada yang abadi di dunia ini, kecuali perubahan itu sendiri. Kutipan dari filsuf Heraklitus tersebut tetap kontekstual hingga hari ini. Tren di dunia terus berubah, termasuk profesi-profesi favorit. Profesi yang menjadi favorit 10 tahun lalu, mungkin sudah bukan menjadi profesi favorit 10 tahun ke depan.

Disrupsi, kemajuan teknologi, globalisasi, dan perubahan perilaku konsumen adalah beberapa hal yang akan mengubah peta pekerjaan di masa depan. Berikut ini beberapa profesi yang akan dicari di masa depan dan bisa dijadikan pilihan karier bagi Tanoto Scholars, atau peserta program TELADAN Tanoto Foundation:

  1. Spesialis energi terbarukan

Insinyur di bidang energi jumlahnya mungkin banyak, tapi insinyur di bidang energi terbarukan mungkin jumlahnya masih terbatas. Profesi ini akan menjadi favorit di masa mendatang, karena kebutuhan teknologi energi terbarukan di masa depan akan semakin meningkat.

Semakin menipisnya cadangan bahan bakar fosil, mengharuskan negara atau lembaga untuk mengaplikasikan teknologi energi terbarukan. Kesempatan untuk berkarya di bidang energy terbarukan akan semakin besar di masa mendatang.

  1. Analis Data

Sekarang ini tren istilah big data atau data dalam jumlah besar sering didengar. Namun, data yang besar tidak ada artinya bila tidak bisa dianalisis. Semakin tumbuhnya data di dunia, khususnya terhadap perilaku manusia, memerlukan adanya analis data.

Seorang analis data mampu memetakan data menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami. Misalnya saja kebiasaan orang belanja daring seperti apa dan berapa nilai belanja mereka setiap bulan. Data yang sudah dipetakan dan dianalisis tersebut akan menjadi landasan untuk mengembangkan bisnis atau memecahkan masalah dalam masyarakat.

  1. Ahli keamanan cyber

Tren masyarakat dalam melakukan transaksi sekarang ini sudah bergeser pada transaksi daring. Agar transaksi tersebut tidak disalahgunakan orang lain, diperlukan sistem keamanan cyber yang tangguh. Semakin besarnya jumlah transaksi daring memerlukan semakin banyak tenaga ahli keamanan cyber. Mulai dari hari ini dan di masa depan, ahli keamanan cyber akan menjadi profesi yang sangat menjanjikan.

  1. Peternak ikan akuaponik

Saat ini muncul nama profesi “aquaponic fish farmer” atau peternak ikan akuaponik. Penurunan kualitas lingkungan diperkirakan akan menurunkan populasi ikan di alam liar. Pada 2030 Kementerian Kelautan dan Perikanan RI memperkirakan sampah plastik di laut lebih banyak dari jumlah ikan. Kondisi ini akan meningkatkan profesi peternak ikan.

Para peternak akuaponik tidak hanya memelihara ikan dalam kolam, tapi juga menumbuhkan berbagai tanaman di atasnya dan menghasilkan berbagai berbagai sayuran. Satu media untuk menghasilkan dua bahan pangan.

  1. Penyederhana masalah

Profesi ini mungkin terdengar aneh, tapi di masa depan pakar penyederhana masalah akan diburu berbagai perusahaan besar. Tugasnya adalah menyederhanakan masalah dalam perusahaan seperti memangkas birokrasi perusahaan yang awalnya 10 proses menjadi 3-4 proses saja. Penyederhana masalah ini sangat diperlukan, karena bisa memangkas biaya, sekaligus meningkatkan produktivitas.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *