Read Also

Hari ini kita semua memperingati Hari Guru Nasional. Tanoto Fundation melalui Program PINTAR berkomitmen untuk secara berkelanjutan mendukung peningkatan kualitas guru Indonesia. Pada tahun 2018 ini, Tanoto Foundation telah melatih dan mendampingi lebih dari 4.000 guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran aktif, manajemen berbasis sekolah, dan budaya baca di 426 sekolah dan madrasah.

 

Untuk menyebarkan praktik-praktik baik pengalaman inspiratif para guru tersebut, Tanoto Foundation mengembangkan Group FB Forum Peningkatan Kualitas Pendidikan. Dalam forum tersebut sudah ada ribuan postingan praktik baik para guru.

Misalnya, praktik baik Anys Susilo, guru SDN 2 Pokoh Kidul, Wonogiri, Jawa Tengah, yang membagikan percobaan daur ulang air yang dilakukan siswanya, membuat laporan pembelajaran dalam bentuk peta pikiran, dan kegiatan membacakan buku cerita yang melatih kemampuan literasi siswa untuk menceritakan kembali isi cerita pada teman sekelompoknya.

Ada juga praktik baik oleh Agus Suparmanto guru IPA SMPN 2 Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang membagikan pengalamannya mengajar dengan kegiatan percobaan yang menantang dan menarik siswa.

Dari Riau, ada Ibu Erni Sofia guru kelas III MIN 1 Kota Dumai, yang memfasilitasi pembelajaran matematika, IPA, dan mengembangkan kegiatan budaya baca yang membuat siswa belajar aktif dan menyenangkan melalui kegiatan praktik.

Untuk mendapatkan lebih banyak inspirasi lainnya, kami mengundang bapak dan ibu untuk bergabung dalam Forum Peningkatan Kualitas Pendidikan tersebut. Melalui forum ini kita dapat saling belajar dan berbagi praktik-praktik baik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran aktif, manajemen berbasis sekolah, dan budaya baca.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *