Read Also

Tanoto Foundation meluncurkan TELADAN, sebuah program pengembangan kepemimpinan yang dirancang untuk membekali generasi muda Indonesia menjadi pemimpin masa depan, di Jakarta, 6 September 2018.

Program TELADAN cukup unik, karena selain memberikan dukungan biaya kuliah penuh, juga memberikan dukungan berbagai pelatihan dalam bidang pengembangan diri dan karier, dukungan untuk memiliki wawasan internasional, serta dorongan untuk memenjalankan kegiatan sosial bagi pesertanya.

“Program TELADAN adalah bentuk komitmen Tanoto Foundation untuk mendukung pengembangan komunitas kepemimpinan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. Melalui program ini, kami memberi kesempatan mahasiswa berprestasi untuk mengembangkan potensinya melalui beasiswa, mendorong mereka untuk aktif menjalankan kegiatan sosial, juga kesempatan studi ke luar negeri,” kata J. Satrijo Tanudjojo, CEO Global Tanoto Foundation.

“Peserta program Teladan, atau yang disebut Tanoto Scholars, juga mendapatkan pelatihan pengembangan kepemimpinan berjenjang sejak tahun pertama kuliah hingga lulus dan memasuki dunia kerja. Dengan program yang holistik ini, kami percaya bahwa para penerima program TELADAN bukan hanya menjadi pemimpin di masyarakat, tetapi menjadi pemimpin yang peduli, berwawasan internasional, dan bertanggung-jawab,” tambah Satrijo.

Hadirnya program TELADAN diharapkan menjadi jawaban akan kebutuhan pemimpin masa depan yang bertanggung jawab dan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat. Juga sebagai program pengembangan pemimpin yang berkarakter dan memiliki integritas, inovatif, memiliki jiwa wirausaha, tekun dan peduli pada sesama.

TELADAN juga diharapkan menjawab tantangan sistem pendidikan di Indonesia, di antaranya masih rendahnya Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi, yaitu 31,5% pada 2017. Dengan program ini, Tanoto Foundation membantu meningkatkan akses terhadap perguruan tinggi melalui dukungan biaya kuliah 100% dan uang tunjangan setiap bulan.

Selain itu, TELADAN juga peduli akan terbentuknya karakter pemimpin yang mampu menjawab tantangan di masa depan, melalui berbagai pelatihan soft skill, pengenalan dunia kerja melalui magang, kegiatan gathering untuk melatih kerjasama, membangun jejaring, juga dukungan untuk menjalankan program-program sosial kemasyarakatan.


Sebelumnya, Tanoto Foundation telah mempunyai program pengembangan kepemimpinan yang telah berjalan sejak 2006. Program tersebut telah telah mendukung lebih dari 7.100 mahasiswa yang bekerja sama dengan 35 mitra perguruan tinggi di Indonesia.

Bedanya, program sebelumnya membuka pendaftaran mahasiswa S1 dari tahun pertama hingga tahun ketiga, sedangkan TELADAN dirancang untuk mahasiswa di tahun pertama yang akan mendapat dukungan hingga lulus, bahkan memasuki dunia kerja. Dengan demikian, TELADAN memberikan kesempatan pada Tanoto Scholar untuk dapat memperoleh lebih banyak pengetahuan dan keterampilan.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *