Read Also

Steffi Melinda adalah satu dari sekian banyak Tanoto Scholars Alumni yang telah sukses meniti karier di dunia kerja. Bahkan alumnus Jurusan Ilmu Komputer Universitas Indonesia ini kini telah bekerja di Bonial International GmbH, sebuah perusahaan perangkat lunak di Berlin, Jerman, sebagai Team Lead of Business Intelligence.

Untuk bisa mencapai karier level internasional hingga ke Jerman, Steffi punya latar belakang prestasi akademik yang cemerlang. Setelah lulus dari Universitas Indonesia, Steffi sempat bekerja di perusahaan akuntan publik sebagai IT Auditor, sebelum akhirnya ia mendapatkan beasiswa master dari European Union. Selama dua tahun Steffi menempuh studi masternya di 3 negara, yaitu Belgia, Perancis, dan Jerman, dengan bidang studi Information Technology for Business Intelligence. Menurut Steffi, tantangan terberat yang ia hadapi ketika bekerja di luar negeri adalah perbedaan budaya dan kebiasaan dalam menjalankan pekerjaan.

“Ketika saya bekerja di perusahaan Jerman, atasan saya akan lebih melepas saya dan memberikan saya kebebasan, namun tetap meminta saya untuk bertanggung jawab pada komitmen pekerjaan saya,”

Untuk menghadapi tantangan tersebut, Steffi mencoba untuk lebih membuka pikirannya dan memperbanyak sharing dengan para rekan kerjanya. Karena menurutnya, kunci dari semuanya adalah komunikasi yang baik dengan orang lain.

“Untungnya saya dulu mengikuti team building workshop yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation. Di sana saya belajar dari orang-orang yang sudah sukses, dan mereka membagikan ilmunya yang kini saya terapkan di dunia kerja, seperti open minded, thinking out of the box, dalam menjalankan suatu pekerjaan,”

Kecintaan Steffi di bidang teknologi dan bisnis, membuatnya terus mengekplorasi kemampuannya. Di waktu luang, ia suka mempelajari teknologi-teknologi baru dan membaca artikel-artikel bisnis. Menurutnya, dengan selalu memperbarui pengetahuan, ia bisa mengembangkan karier dan menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *