Read Also

Kami penerima Beasiswa Tanoto Foundation yang tergabung dalam Tanoto Scholars Association (TSA) Pekanbaru menjalankan program Bina SD Cerdas di Jalan Suka Karya, Panam, Kota Pekanbaru, Riau.

Program pengabdian masyarakat ini merupakan lanjutan dari program kami di SD Cerdas tahun lalu. Bedanya, tahun ini kami fokus pada peningkatan literasi, sedangkan tahun lalu fokus pada pembentukan karakter.

Beberapa kegiatan dalam program Bina SD Cerdas kali ini adalah hibah buku bacaan, membaca dan bercerita, serta kelas menulis. Hibah buku bacaan dari TSA Pekanbaru bertujuan untuk memberikan bacaan bermutu kepada murid.

Setelah itu murid diminta membaca buku-buku tersebut dan menceritakan ulang materi yang dibacanya. Hal ini bisa meningkatkan pemahaman murid terhadap bahan bacaan.

Kegiatan menulis diperuntukkan bagi murid kelas 3 ke atas. Mereka diminta membuat puisi dan pantun. Puisi dipilih karena pas untuk menulis dan mengekspresikan perasaan. Sedangkan pantun, karena merupakan bagian dari kearifan lokal.

Pantun adalah budaya asli dari masyarakat Melayu. Kegiatan-kegiatan literasi tersebut merupakan kunci penting untuk mendukung proses pembelajaran anakanak SD Cerdas.

“Senang sekali ada buku bacaan baru di sekolah kami. Ternyata bercerita setelah membaca itu seru. Saya jadi mudah mengingat cerita dalam buku yang sudah dibaca,” kata Cathrin, murid kelas II SD Cerdas.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *