Read Also

Kami penerima Beasiswa Tanoto Foundation yang tergabung dalam Tanoto Scholars Association (TSA) Institut Teknologi Bandung mengadakan kegiatan TSA-PA (TSA Menyapa) di Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat di daerah tersebut.

Dalam kegiatan kali ini, kami berupaya meningkatkan minat anak terhadap sains dan meningkatkan keterampilan diri mereka. Kami membuat simulasi erupsi gunung berapi dari bahan sederhana seperti gelas takar, plastisin, soda kue, dan cuka. Setelah kami terangkan konsepnya, anak-anak mengerjakan sendiri alat peraganya. Mereka melakukannya dengan antusias dan hasilnya sangat baik.

“Asyik banget bisa bikin miniatur gunung berapi dan kami jadi tahu bagaimana proses terjadinya letusan gunung berapi. Kegiatan seperti ini tidak kami dapatkan di sekolah. Kami ingin ada percobaan sains lagi,” kata M. Rizki, salah satu anak dari Kelurahan Cibabat.

Antusiasme anak-anak Cibabat juga terlihat dari jumlah peserta yang hadir. Awalnya kami menargetkan 30 anak, ternyata anak-anak yang bergabung dalam kegiatan ini mencapai 60 anak. Hal ini membuat kami bersemangat, karena tujuan kami untuk menumbuhkan minat anak terhadap sains di Cibabat disambut dengan baik.

Ditulis oleh M. Rizal Akbar, Tanoto Scholar dari Institut Teknologi Bandung.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *