Read Also

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) punya peran penting dalam membiasakan kehidupan yang sehat bagi murid dan guru serta seluruh lingkup sekolah. Begitu juga bagi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 204/VIII Napal Putih yang berada di Kecamatan Serai Serumpun, Kabupaten Tebo, Jambi. Sekolah ini menyediakan fasilitas UKS yang pada awalnya ditempatkan di ruangan berbagi dengan perpustakaan sekolah.

Sebagai bentuk kepedulian akan kesehatan dan kelangsungan belajar siswa di sekolah, Tanoto Foundation memberikan dukungan berupa fasilitas satu unit bangunan khusus UKS untuk SDN 204/VIII Napal Putih.

“UKS ini sangat luar biasa. Peralatan yang diberikan oleh Tanoto Foundation bagus dan lengkap. Anak-anak pun sangat antusias dan kagum,” kata Reny Siregar, salah satu guru di SDN 204/VIII Napal Putih.

Sejak UKS berdiri terpisah dari perpustakaan, kegiatan kesehatan di SDN 204/VIII Napal Putih berjalan dengan maksimal. Kegiatan lain yang behubungan dengan kesehatan seperti pembinaan dokter kecil pun jadi lebih nyaman.

Selain itu, untuk mendukung tiga program pokok dalam pembinaan dan pengembangan UKS (Trias UKS), yaitu Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, dan Pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat, Tanoto Foundation juga melengkapi UKS dengan tempat tidur, tandu, lemari obat, tensimeter digital, termometer, timbangan badan digital, pengukur tinggi badan, dan stetoskop.

Dampak positif lain yang dirasakan dengan adanya fasilitas UKS yang lengkap dan memadai ini, SDN 204/VIII Napal Putih ditunjuk sebagai perwakilan kecamatan untuk mengikuti kompetisi dokter kecil tingkat kabupaten yang diselenggarakan pada April 2018 lalu.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *