Read Also

Membaca adalah kunci dalam kegiatan pembelajaran, karena itu orangtua harus memperkenalkannya sejak dini. Akses untuk mendapatkan bahan bacaan sekarang ini lebih mudah, tapi bukan berarti menumbuhkan minat baca anak semakin mudah. Hadirnya gadget bisa menjadi faktor penghambat munculnya minat baca pada anak-anak.
Menghadapi fenomena seperti ini, orangtua tak boleh menyerah dan harus punya cara kreatif agar minat baca anak tetap tumbuh. Bagaimana caranya? Simak lima tips di bawah ini agar anak-anak tetap gemar membaca di tengah berbagai gangguan dari perangkat komunikasi dan informasi.

1. Memanfaatkan konten multimedia
Konten multimedia seperti video tidak harus dimusuhi. Konten seperti ini justru bisa dijadikan media untuk mendekatkan anak pada bahan bacaan. Banyak video klip yang mengajarkan cara membaca kepada anak.
Tersedia juga aplikasi game di ponsel pintar untuk mengenalkan huruf dan bacaan. Anak-anak pasti akan suka dan ini bisa jadi langkah awal untuk mengenalkan bacaan kepada anak.

2. Membaca dan menonton film
Telah banyak buku cerita anak yang diadopsi menjadi film, khususnya animasi. Ajak anak-anak untuk mengombinasikan dua media ini. Pertama, berikan buku cerita anak dan minta mereka untuk membaca dan menceritakan isi buku tersebut. Bila sudah selesai membaca buku, Anda bisa memberikan hadiah dengan cara menonton film adaptasi dari buku tersebut.

3. Mengajak anak ke perpustakaan
Cara ini mungkin terdengar konvensional dan biasa saja. Tapi bila Anda mengetahui fasilitas perpustakaan mutakhir, kunjungan ke perpustakaan benar- benar bisa menumbuhkan minat baca anak-anak. Perpustakaan Nasional misalnya, menyediakan ruang baca anak, ruang multimedia dan internet, teater mini, dan ruang bebas memilih buku. Fasilitas seperti ini sudah banyak diadopsi perpustakaan daerah.

4. Sediakan pojok buku di kamarnya
Pepatah “alah bisa karena biasa” juga berlaku dalam kebiasaan membaca. Bila anak terbiasa melihat buku di sekitarnya, kemungkinan besar ia akan gemar membaca buku. Buatlah pojok baca di kamarnya menggunakan rak dan buat desain menarik misalnya dengan gambar tokoh superhero favoritnya. Sediakan buku anak-anak terbaik di pojok baca tersebut.

5. Jadikan orangtua sebagai panutan
Anak adalah peniru terbaik. Bila orangtua rajin membaca buku, kemungkinan anak-anak akan mengikuti kebiasaan orangtuanya. Menyediakan beragam buku kepada anak saja tidak cukup. Sesekali bacakan buku cerita kepada anak dan pada kesempatan lain minta mereka untuk membacakan cerita kepada Anda untuk mengukur kemampuan membacanya. Upaya ini akan menumbuhkan kecintaan anak pada kegiatan membaca.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *