Read Also

Program kerja yang baik adalah program kerja yang berhasil mencapai tujuan yang telah direncanakan sejak awal dan berkelanjutan. Keberlanjutan program kerja harus disertai dengan pengembangan dan peningkatan kualitas maupun pembaharuan yang dinamis. Tanoto Foundation bercita-cita memberantas kemiskinan melalui 3 (tiga) strategi program yaitu Pendidikan, Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas Hidup. Program Pelita Pendidikan merupakan salah satu program yang dimiliki Tanoto Foundation sebagai implementasi nyata dari cita-cita tersebut. Sejak tahun 2010, Program Pelita Pendidikan telah mendukung 466 sekolah dari jenjang TK/PAUD, SD, SMP dan SMA di 3 (tiga) Provinsi Sumatera Utara, Riau, dan Jambi.

New experience…selamat berjuang.

A post shared by mutiara azani (@mutiaraazani) on

Intervensi yang telah dilakukan Tanoto Foundation melalui Program Pelita Pendidikan tidak terhenti pada pemberian bantuan sarana dan prasarana, pelatihan-pelatihan kepada para guru dalam peningkatan kompetensi sebagai pengajar saja. Tanoto Foundation selalu memantau capaian dari Program Pelita Pendidikan tersebut. Pemantauan dilakukan dengan memberdayakan tim enumerator. Enumerator adalah petugas lapangan yang membantu tim monitoring dan evaluasi dalam kegiatan pengumpulan data. Data yang dihimpun oleh Enumerator adalah data yang mencakup keseluruhan komponen program. Enumerasi dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara/survei. Metode observasi dilakukan untuk mengamati proses pembelajaran dan kondisi sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. Sedangkan metode wawancara/survei dilakukan untuk mendapatkan opini dari Kepala Sekolah, Komite, Pengawas, Orangtua Siswa, Staf Bisnis Grup, Guru dan Siswa mengenai Program Pelita Pendidikan yang sudah diimplementasikan. Proses enumerasi kali ini memanfaatkan  teknologi yaitu dengan dukungan aplikasi Quicktap Survey yang dapat bekerja dalam kondisi off-line mengingat hampir sebagian besar sekolah intervensi berada di daerah remote area atau minim koneksi internet.

Data yang berhasil dihimpun akan dianalisis dan dilaporkan. Selain untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan program, data tersebut juga dijadikan sebagai rekomendasi untuk perencanaan program pada tahun berikutnya. Sehingga program akan terus menerus mengalami pembaharuan yang berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan.

Tanoto Scholars

Tanoto Foundation membuka peluang kepada Tanoto Scholars untuk terlibat langsung pada kegiatan enumerasi ini. Peluang ini telah menambah daftar keuntungan sebagai Tanoto Scholars. Sebelum melakukan enumerasi ke berbagai sekolah intervensi, Enumerator yang sebagian besar merupakan Tanoto Scholars terlebih dahulu mendapatkan pelatihan mengenai konsep monitoring dan pengumpulan data dari Popo Ronald Alexander Simanjuntak, Monitoring and Evaluation Coordinator Tanoto Foundation. Tanoto Scholars sendiri merasa bersyukur telah dipercaya untuk campur tangan pada keberlangsungan program kerja Tanoto Foundation, “Bangga sekali dapat menjadi salah satu anggota Tim Enumerator Tanoto Foundation, banyak hal yang saya pelajari, terutama menyoal cara berkomunikasi yang baik dan benar, teknik dalam bertanya, mendengar dan mencatat hasil wawancara dan akurasi data, juga dapat menyaksikan secara langsung bagaimana sumbangsih Bapak Sukanto Tanoto terhadap peningkatan kualitas sekolah-sekolah di pedesaan,” tutur Mutiara Azani, Tanoto Scholars Jambi – Enumerator

 


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *