Read Also

Sekolah yang baik tidak hanya didukung oleh tenaga pendidik yang profesional, fasilitas yang lengkap, ataupun bangunan yang kokoh. Sekolah yang baik juga harus didukung oleh lingkungan yang sehat, bersih, aman, dan nyaman. Salah satu program Tanoto Foundation yang mendukung terciptanya lingkungan sekolah seperti hal tersebut adalah adalah Pelita ASRI (Aman, Sehat, dan Ramah Lingkungan). Pelita ASRI diimplementasikan secara holistik, yaitu mendukung komponen hardware sekolah serta software.

Baru sempat hari ini, pemasangan plang nama untuk TOS, Terimakasih kepada bapak kamal selaku kepala sekolah atas…

Posted by Reny Amelia Siregar on Sunday, 20 August 2017

 

Salah satu perwujudan nyata Program Pelita ASRI adalah Taman Obat Sekolah oleh SDN 204/VIII Napal Putih. Guru ingin mengenalkan kepada seluruh siswa mengenai tanaman obat tradisional secara langsung. Tanaman-tanaman yang tanpa mereka sadari ternyata mudah ditemukan di daerah sekitar lingkungan rumah mereka. Tanaman obat tradisional pun masih menjadi pilihan utama masyarakat sebagai alternatif untuk mencegah penyakit dan atau menjaga kesehatan tubuh. Berangkat dari hal ini, maka SDN 204/ VIII Napal Putih ingin menghidupkan kembali Taman Obat Sekolah agar jenis-jenis tanaman obat tradisional tidak dilupakan.

 

Posted by Reny Amelia Siregar on Friday, 11 August 2017

 

Pengadaan taman di lingkungan sekolah selain bertujuan untuk memperindah lingkungan sekolah, juga dapat sebagai sarana pendukung proses belajar mengajar. Taman Obat Sekolah ini terintegrasi dengan mata pelajaran Pertanian – Muatan Lokal. Jadi, teori yang diperoleh di kelas dapat diterapkan secara langsung di Taman Obat Sekolah.

 

Posted by Reny Amelia Siregar on Friday, 11 August 2017

 

Temulawak, Lidah Buaya, Pandan, Jahe, Kunyit, Serai, Sambiloto dan kumis kucing adalah jenis tanaman obat yang ditanam di Taman Obat Sekolah tersebut. Bibit tanaman ada yang disediakan oleh pihak sekolah dan ada juga yang dibawa oleh murid dari rumah masing-masing. Siswa-siswi mengobservasi lingkungan sekitarnya, memilah manakah yang merupakan jenis tanaman obat tradisonal dan manakah yang bukan. Siswa-siswi bertanggung jawab langsung atas perawatan Taman Obat Sekolah yang didampingi oleh para guru. Mereka juga bertugas menyirami tanaman, menyemai rumput liar, memupuk tanaman dan memeriksa serta mengganti tanaman yang mati.

 

Posted by Reny Amelia Siregar on Sunday, 20 August 2017

 

Guru-guru berharap, dengan adanya Taman Obat Sekolah ini, siswa-siswi menjadi tahu mengenai berbagai manfaat tanaman yang ada disekitar mereka.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *