Read Also

Mariani Christina Theresia Tampubolon, penerima beasiswa Tanoto Foundation (Tanoto Scholar) dari Universitas Gadjah Mada baru-baru ini dinobatkan sebagai lulusan terbaik di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Gadis manis kelahiran Pekanbaru, 17 Desember 1994 ini meraih predikat cum laude dengan  Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,89.

Menurut Mariani, dukungan beasiswa Tanoto Foundation sangat mempengaruhi prestasinya. Dalam kesempatan ini, ia mengungkapkan rasa terima kasih kepada Tanoto Foundation sekaligus memberikan testimoni terhadap manfaat besiswa yang diterimanya.

Menurutnya, ada 5 keunggulan beasiswa Tanoto Foundation yang ia rasakan, yaitu:

1. Biaya Pendidikan dan Tunjangan yang Signifikan

Mariani mengaku bahwa Tanoto Foundation sangat ‘murah hati’ dalam memberikan dukungan biaya pendidikan dan tunjangan. Hal ini membantu meringankan beban orang tua, apalagi ia dan adiknya juga sama-sama berkuliah di UGM yang tentu membutuhkan biaya yang besar.

“Dibanding dengan pemberi beasiswa dari institusi lain, dukungan biaya pendidikan dan tunjangan dari Tanoto Foundation ini paling besar. Dukungan biaya pendidikan hingga Rp 5 juta per semester ditambah tunjangan Rp600 ribu per bulan sangat membantu saya. Dan itu diberikan kepada saya sejak menjadi Tanoto Scholar pada 2013 hingga lulus pada 2017 ini,” kata Mariani.

2. Gengsi sebagai Tanoto Scholars

“Beasiswa Tanoto Foundation adalah beasiswa bergengsi di UGM. Masuknya pun susah. Saya harus berkompetisi dengan sekitar sepuluh ribu pendaftar serta melalui seleksi yang ketat, mulai dari administrasi, psikotes, dan interview. Setelah diterima pun, saya dituntut untuk meningkatkan prestasi akademik saya dan aktif dalam kegiatan sosial bersama Tanoto Scholars Association (TSA) UGM.”

3. Memperluas Networking

“Melalui berbagai kegiatan yang saya ikuti bersama TSA UGM, saya bisa berkenalan dengan teman-teman beda fakultas dan jurusan. Hal ini menambah perspektif saya karena adanya pengetahuan baru dari teman-teman dari latar belakang keilmuan yang berbeda-beda. Dalam berbagai kegiatan ini pula, saya belajar menerima pendapat dari orang lain serta bekerja sama sebagai sebuah tim.”

4. Meningkatkan Prestasi Akademik

Tanoto Foundation menyediakan sesi konseling bagi penerima beasiswa yang mengalami penurunan prestasi. Dengan cara ini, mereka yang bermasalah akan mendapatkan solusi dan kembali fokus belajar untuk meningkatkan nilai akademiknya.

“Meskipun saya belum pernah mendapat sesi konseling, tetapi saya dan teman-teman penerima beasiswa lainnya menjadi termotivasi untuk meningkatkan prestasi akademik. Selain menjadi kebanggaan, saya juga tidak ingin beasiswa saya dibekukan karena prestasi terus menurun,” ujar Mariani.

5. Soft Skill yang Meningkat

Tanoto Scholars juga mendapatkan berbagai pelatihan untuk meningkatkan soft skill mereka. Hal ini juga dirasakan Mariani.

“Waktu itu saya dan teman-teman TSA UGM membuat pelatihan tentang bisnis dan kewirausahaan dengan mendatangkan pebisnis yang berpengalaman. Kami juga pernah mendatangkan pembicara yang berkompeten mengenai dunia kerja. Dari kegiatan tersbut kami bisa belajar tentang gambaran memilih karier di masa depan,” tutup Mariani.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *