Menurut laporan World Health Organization (WHO) tahun 2000, dengan jumlah sekitar 8,4 juta orang, Indonesia memiliki jumlah tertinggi keempat pengidap diabetes di dunia.

Laporan WHO di atas memproyeksikan bahwa pada tahun 2030 jumlah tersebut akan meningkat secara signifikan menjadi 21,3 juta orang. Laporan  ini juga menyatakan bahwa penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di Indonesia.

Pada tahun 2005, Tanoto Foundation memberikan dukungan untuk penelitian diabetes dan kardiovaskular di Mayo Clinic, salah satu pusat penelitian medis yang paling terkenal di dunia di Rochester, Minnesota, Amerika Serikat. Dukungan keuangan diberikan untuk penelitian lebih lanjut dalam bidang diabetes dan kardiovaskular karena prevalensi yang luas dari kondisi medis ini di Asia.

Sebagian besar penelitian medis yang dilakukan di seluruh dunia  saat ini sering tidak cukup mewakili profil demografik penduduk Asia. Untuk menjembatani hal ini, pada tahun 2009 Tanoto Foundation mendukung sekolah kedokteran Duke – National University of Singapore (NUS) dalam berbagai penelitian.

PENCAPAIAN

Hingga saat ini, kami telah mendanai empat penelitian medis di Amerika Serikat dan Singapura.