Kira-kira setengah atau 45% dari penduduk pedesaan di Indonesia hidup di dalam lingkungan yang tidak baik untuk kesehatan, di mana mereka tidak memiliki akses terhadap air bersih dan sanitasi. Kondisi ini mengekspos anggota masyarakat terhadap berbagai risiko kesehatan. Di lain pihak, di dalam masyarakat yang sehat, tercipta lingkungan yang kondusif untuk berbagai kegiatan, termasuk kegiatan bisnis. Di dalam masyarakat yang sehat juga ada potensi untuk terciptanya berbagai nilai-nilai bersama.

Tanoto Foundation berupaya untuk meningkatkan akses dan kualitas air bersih dan sanitasi untukĀ  individu dan masyarakat di Sumatera Utara, Riau, dan Jambi. Hal ini dilakukan melalui beberapa pendekatan:

  • Pembangunan dan rehabilitasi fasilitas air bersih, toilet, septic tank, dan drainase
  • Melakukan kampanye kebersihan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat setempat. Untuk lebih melayani masyarakat pedesaan, Tanoto Foundation bermitra dengan APRIL dan Asian Agri

PENCAPAIAN

Pencapaian program ini pada 31 Desember 2015 :

  • Membangun sarana air bersih yang menyediakan 300.000 liter setiap hari air bersih.
  • Membangun dan merehabilitasi lebih dari 38.000 meter drainase yang memungkinkan sanitasi yang lebih baik bagi masyarakat.

COMM-WATER-ID

TANTANGAN

Kurangnya rasa memiliki masyarakat terhadap fasilitas yang ada kemudian menciptakan kecenderungan untuk bergantungĀ  pada pihak ketiga dalam pengoperasian dan pemeliharaan fasilitas air dan toilet bersih

DAMPAK

27.000 orang di 90 desa telah mendapatkan akses yang lebih baik terhadap fasilitas air bersih dan sanitasi.