praptodanistriimg414

Program pemberdayaan Tanoto Foundation berfokus dalam membantu anggota keluarga untuk memiliki mata pencaharian yang berkelanjutan sehingga dapat memutus mata rantai kemiskinan. Program ini bertujuan untuk membantu keluarga untuk mengakses aset produktif, modal awal, dan ketrampilan teknis yang diperlukan dalam meningkatkan mata pencaharian. Program ini juga membantu  menghubungkan mereka ke pasar. Seperti upaya-upaya yang sudah kami lakukan dalam  menciptakan nilai-nilai bersama, di mana solusi untuk kebutuhan masyarakat selaras dengan solusi untuk kebutuhan bisnis, kami bekerja sama dengan mitra korporasi untuk mempromosikan berbagai praktik usaha yang berkelanjutan yang terkait dan mendukung masyarakat.

Menurut Badan Pusat Statistik, pada tahun 2010, 13% dari populasi di Indonesia atau 31 juta orang masih hidup di bawah garis kemiskinan.

EMP-THE-POOR-ID

Seperti di banyak negara, kemiskinan di Indonesia lebih banyak terjadi di pedesaan dibanding di perkotaan. Pada tahun 2010, 20 juta orang di daerah pedesaan hidup di bawah garis kemiskinan nasional, dibandingkan dengan 11 juta orang yang tinggal di daerah perkotaan.

Tanoto Foundation beraktifitas di tiga provinsi di Sumatera di mana tingkat kemiskinan cukup tinggi.

Pada tahun 2010, ada sekitar 689.000 orang (11,29%) yang hidup di bawah garis kemiskinan di daerah pedesaan Sumatera Utara, 291.000 orang (10,15%) di Riau dan 130.000 orang (6,67%) di Jambi.

Kurangnya akses terhadap pekerjaan atau mata pencaharian yang berkelanjutan dan hasil sub-standar kegiatan produktif adalah karakteristik umum kemiskinan di daerah pedesaan.

Untuk mengatasi masalah akses terhadap pekerjaan atau mata pencaharian yang berkelanjutan, Tanoto Foundation mengembangkan program yang menciptakan lapangan pekerjaan dengan menghubungkan usaha kecil dan menengah dan pengusaha yang berada dalam lingkup kerja mitra korporasi kami.

Untuk mengatasi kendala hasil yang tidak baik dalam berbagai kegiatan produksi, Tanoto Foundation juga mendukung upaya-upaya untuk meningkatkan hasil dengan memfasilitasi pembentukan kemitraan antara petani lokal dengan mitra korporasi.

Program Pemberdayaan Masyarakat Tanoto Foundation diselaraskan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan terkait dengan penghapusan kemiskinan, promosi pertanian berkelanjutan, dan penciptaan lapangan kerja.

Dua Program Pemberdayaan utama Tanoto Foundation adalah:

  1. Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah
  2. Pengembangan Petani Kelapa Sawit