Read Also

Sebelum bergabung dengan Program Pengembangan UKM, Pak Haji Basril adalah seorang penebang liar. Ketika wilayah operasinya di sepanjang Sungai Pelalawan di Riau menjadi bagian dari konsesi APRIL dan karena itu dilindungi dari segala bentuk perambahan dan penebangan tidak sah, mata pencaharian Pak Basril ini terancam.

Untungnya, salah satu manajer APRIL mendorong dia untuk berbicara dengan April untuk mencari kesempatan tentang bagaimana dia bisa bermitra dengan perusahaan diberikan pengetahuan tentang daerah. Kemudian, ia diarahkan untuk bergabung dengan Program Pengembangan UKM lokal yang merupakan bagian dari inisiatif perusahaan untuk memberdayakan masyarakat lokal.

Pak Basril memutuskan untuk menjadi mitra April dalam memberikan pelayanan panen, kanal bridging dan pemeliharaan kanal. Ia mendirikan CV. Bina Terusan dan bergabung dengan program pada tahun 2002 dan menerima pinjaman dari April untuk mendapatkan satu excavator untuk pemeliharaan kanal.

Enam tahun kemudian, memanfaatkan melanjutkan kemitraan bisnis dengan April, CV Bina Terusan dianugerahi pinjaman 3,8 miliar rupiah dari Bank BTN untuk memperluas armada excavator nya. Saat ini, CV Bina Terusan adalah mengelola sepuluh excavator dan mempekerjakan lebih dari 75 karyawan untuk memberikan layanan pemeliharaan untuk April di Pelalawan.

“. APRIL telah memberikan peluang bagi usaha kecil untuk tumbuh dalam kemitraan yang konstruktif. ┬áPada tahun 2002, perusahaan saya hanya mengoperasikan satu excavator untuk pemeliharaan kanal; Sekarang, ada sepuluh excavator yang beroperasi” kata Pak Basril.

Untuk memastikan bahwa Pak Basril mampu menghadapin ekspansi bisnis, April dan Tanoto Foundation terus memberikan pembinaan dan mentoring.

“Saya percaya bahwa program ini telah mengubah saya menjadi lebih baik. Tidak pernah terlintas dalam pikiran saya bahwa saya, Basril, dengan beberapa tahun pengalaman dalam penebangan liar, akan menjadi seorang pengusaha yang cukup sukses di Pangkalan Kerinci. Saya berharap bahwa kemitraan dengan April akan bertahan dan saya bisa berbagi rejeki dengan orang-orang lokal yang bekerja di perusahaan saya” tambahnya.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *