Kegiatan Program Pelita Pustaka adalah membangun atau merenovasi perpustakaan sekolah dan mendorong pemanfaatan perpustakaan sebagai tempat yang nyaman bagi murid untuk dapat memperoleh berbagai informasi pendidikan dan meningkatkan minat mereka dalam membaca.

Pelita Pustaka sangat mendukung sekolah di pedesaan di mana akses informasi terbatas. Kami memanfaatkan ruang yang tidak digunakan di sekolah-sekolah untuk membuat perpustakaan kecil atau pojok baca dan menyumbangkan berbagai bahan bacaan ke wilayah pedesaan. Kami melatih para guru untuk menjadi pustakawan yang mampu mengelola perpustakaan kecil untuk memastikan pemeliharaan dan aksesibilitas bahan bacaan.

Untuk memastikan murid memiliki akses terhadap buku, kami menerapkan sistem koleksi bergulir di antara sekolah-sekolah yang terletak di kelompok lokasi (cluster) yang sama. Ada sekitar 6 sekolah dalam satu cluster, masing-masing dengan donasi awal 120 buku. Tanoto Foundation melatih guru dan pustakawan untuk memfasilitasi rotasi buku setiap 2-3 bulan, sehingga murid terus memiliki akses terhadap koleksi buku baru tanpa membuang yang lama. Selain itu, sistem cluster juga memungkinkan pustakawan dari sekolah yang berbeda masuk ke dalam jaringan untuk berbagi pengalaman dan perbaikan sistem.

Hingga Desember 2015, Pelita Pustaka telah:

  • Merenovasi dan membangun perpustakaan di 186 sekolah
  • Mendonasikan lebih dari 32.000 buku
  • Melatih lebih dari 1.800 guru dalam mengelola perpustakaan

Sebagian besar sekolah yang ikut serta dalam Program ini menyampaikan bahwa sistem koleksi bergulir sangat bermanfaat. Dengan adanya sistem ini, sekolah tidak khawatir dengan koleksi buku yang terbatas dan murid mendapatkan sumber bacaan yang baru secara berkala.

Children became more attentive during learning sessions. They are very happy with the playground facility in the center’s backyard. The spacious classroom also helps teachers to create learning corners for students activities. Thank you, Tanoto Foundation

Siti Maryam, The Principal of PAUD Bougenville 011, North Jakarta

Teachers in this school are happy with their job. The school has many activities despite the limited resources that the schools have. With Tanoto Foundation’s help, our teaching technique is now comparable to the teachers out there. We do things differently now. Learning activities becomes fun and exciting.

Daryono, Teacher of Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lubuk Kembang Sari, Riau