Pelita Guru Mandiri adalah sebuah program untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi guru.

Melalui Pelita Guru Mandiri, guru dilatih sehingga dapat menerapkan proses belajar mengajar berkualitas tinggi, efektif, dan menyenangkan bagi murid, baik di dalam maupun di luar kelas. Guru dilatih berbagai topik, seperti pengembangan dan penerapan pembelajaran kontekstual, pembelajaran kolaboratif antara guru dan siswa, dan pengelolaan kelas. Untuk memastikan bahwa guru menjaga kualitasnya dalam mengajar, Tanoto Foundation melakukan kunjungan berkala ke sekolah untuk pengamatan langsung dan juga memberikan pelatihan penyegaran.

Pelatihan guru dilakukan dengan melibatkan guru lokal yang telah berhasil menyelesaikan pelatihan sebagai fasilitator program dan akhirnya menjadi peer educator (pelatih sesama guru) . Tanoto Foundation telah melatih 230 guru sebagai peer educator. Guru-guru ini mengambil peran aktif dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), sehingga guru yang tidak berpartisipasi secara langsung dalam pelatihan Tanoto Foundation, juga bisa menerima manfaat keterampilan dan pengetahuan yang diajarkan. Setiap tahun, Tanoto Foundation memberikan pelatihan penyegaran bagi peer educator sebagai bagian dari pendidikan lanjutan profesional mereka.

Guru yang berpartisipasi dsalam pelatihan, didorong untuk membentuk kelompok berdasarkan lokasi terdekat atau cluster. Hal ini memungkinkan para guru untuk berbagi pengalaman dan bertukar ide bagaimana menerapkan peningkatan kualitas di sekolah masing-masing.

Hingga Desember 2015, program Pelita Guru Mandiri telah:

  • Bermitra dengan 215 sekolah
  • Melatih lebih dari 2.200 kepala sekolah dan guru
  • Melatih lebih dari 230 guru sebagai peer educator
  • Memberi beasiswa kepada 151 guru.

Dengan adanya program Pelita Guru Mandiri ini, murid-murid menjadi lebih aktif di kelas. Mereka menjadi lebih sering bertanya dan mendorong diskusi kelompok. Murid-murid kini tidak hanya diam dan duduk di bangku masing-masing namun mereka lebih aktif bergerak untuk mengikuti proses pembelajaran di kelas.

Apa Kata Mereka

 “Guru-guru di sekolah kami sangat menikmati pekerjaannya. Sekolah juga punya banyak kegiatan meskipun dengan keterbatasan fasilitas yang kami punya. Dengan dukungan Tanoto Foundation, teknik mengajar kami sekarang bisa diadu dengan guru di sekolah lain. Sekarang, kegiatan mengajar kami menjadi menyenangkan dan menarik.” 

Daryono, Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lubuk Kembang Sari, Riau

 “Anak-anak menjadi lebih perhatian selama belajar di kelas. Mereka sangat senang dengan fasilitas taman bermain di tengah halaman belakang. Kelas yang luas juga membantu guru untuk menciptakan sudut untuk kegiatan belajar siswa. Terima kasih, Tanoto Foundation”

Siti Maryam, Kepala PAUD Bougenville 011, Jakarta Utara

Children became more attentive during learning sessions. They are very happy with the playground facility in the center’s backyard. The spacious classroom also helps teachers to create learning corners for students activities. Thank you, Tanoto Foundation

Siti Maryam, The Principal of PAUD Bougenville 011, North Jakarta

Teachers in this school are happy with their job. The school has many activities despite the limited resources that the schools have. With Tanoto Foundation’s help, our teaching technique is now comparable to the teachers out there. We do things differently now. Learning activities becomes fun and exciting.

Daryono, Teacher of Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lubuk Kembang Sari, Riau