TENTANG KAMI


Tanoto Foundation didirikan berdasarkan keyakinan pendiri, Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto, bahwa setiap manusia memiliki hak yang sama dalam memperoleh kehidupan yang lebih baik. Upaya utama dalam mendapatkan kehidupan yang lebih baik adalah pendidikan. Pendidikan tidak dapat berjalan sendiri, melainkan harus didukung oleh pemberdayaan yang dapat memaksimumkan potensi ekonomi individu, rumah tangga dan komunitasnya. Selanjutnya, pendidikan dan pemberdayaan memerlukan dukungan dari lingkungan, baik berupa infrastruktur maupun modal sosial, sehingga masyarakat dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Oleh karena itu berdasarkan keyakinan pendiri dan keinginan untuk memberikan kontribusi bagi negara dan bangsa Indonesia difokuskanlah program-program Tanto Foundation pada sektor Pendidikan, sektor Pemberdayaan dan sektor Peningkatan Kualitas Hidup.

“Setiap orang harus mendapatkan kesempatan untuk merealisasikan potensinya secara penuh.“

–Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto–

INFOG-TANOTO-IDTanoto Foundation didirikan dengan visi menjadi lembaga yang memperbaiki taraf hidup melalui pendidikan, pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup. Tanoto Foundation telah melakukan banyak hal sejak tahun 1981. Di bidang pendidikan, Tanoto Foundation dan mitra perusahannya yaitu RGE Group telah mengembangkan sekolah-sekolah di Indonesia. Selain itu, sekolah-sekolah negeri juga telah menerima bantuan, beserta pengembangan dalam proses pembelajaran para guru dan muridnya. Pada bidang pemberdayaan, Tanoto Foundation telah memberikan lapangan pekerjaan yang berkelanjutan dan kegiatan ekonomi lainnya yang dapat menunjang anggotanya. Peningkatan kualitas hidup telah dilakukan dengan cara mengembangkan sumber mata air dan sarana kesehatan yang memadai untuk ribuan penduduk di pedalaman Sumatera. Kami sadar bahwa memperbaiki taraf hidup adalah tugas bagi kita semua. Maka dari itu kami ingin berbagi pengalaman kami agar lainnya dapat belajar dari hal yang telah kami lakukan dan tantangan-tantangan lainnya yang harus dihadapi. Kami berharap kami dapat menginspirasi agar lebih banyak lagi yang dapat bergabung dalam memerangi kemiskinan global.

VISI MISI


Visi

Menjadi pusat unggulan dalam penanggulangan kemiskinan melalui pendidikan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas hidup.


Misi

Tanoto Foundation bekerja bersama masyarakat dan mitra untuk mencari solusi terhadap akar permasalahan kemiskinan dengan cara:

  • Mengembangkan dan menerapkan program-program inovatif
  • Membangun kapasitas dan memberdayakan penerima manfaat
  • Bekerja bersama mitra dan mendukung program-program yang dilaksanakan mitra
  • Mendokumentasikan dan membagikan praktek-praktek terbaik kepada masyarakat

Pesan Pendiri Kami

4 - chairman & ibu1Dear Friends,

Pendidikan telah menjadi perhatian kami sejak lama. Kami berdua putus sekolah dan tidak menyelesaikan jenjang sekolah menengah atas, namun kami tidak berhenti belajar. Kami selalu memanfaatkan kesempatan untuk belajar kapan dan di mana saja, baik dari buku, majalah, kamus, dan kemudian berkesempatan mengambil sekolah bisnis.

Melihat di sekeliling kita, banyak orang yang memiliki keterbatasan akses terhadap pendidikan berkualitas. Sering kali hal ini terjadi karena pemiskinan. Mereka  tidak memiliki kesempatan untuk memberdayakan diri dan bangkit dari kemiskinan.

Untuk membantu masyarakatyang kurang beruntung ini, kami memulai kegiatan filantropi pada 1981 dengan mendirikan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar di Besitang, Sumatera Utara.  Dari sini, program-program kami dengan cepat berkembang menjadi program pembangunan sosial terpadu.

Sekolah, yang awalnya dibangun untuk memfasilitasi pendidikan bagi anak-anak, telah menjadi sarana untuk memberdayakan orang tua dalam meningkatkan mata pencaharian serta  bagi masyarakat secara keseluruhan untuk meningkatkan kualitas hidup di pedesaan. Inilah yang  menjadi cikal bakal berdirinya Tanoto Foundation.

Sebagai pendiri Tanoto Foundation, kami membayangkan masa depan di mana anak-anak dan keluarga berkembang dalam masyarakat yang mempertahankan nilai-nilai dan budaya tradisional terbaik.

Kami percaya bahwa penanggulangan kemiskinan yang efektif membutuhkan pendekatan holistik yang meliputi pendidikan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas hidup. Oleh karena itu, Tanoto Foundation bekerja sama dengan masyarakat dan mitra-mitra lainnya untuk mengatasi akar penyebab kemiskinan di sekitar perusahaan kami beroperasi. Kami ingin fokus pada daerah pedesaan, di mana kemiskinan paling banyak dijumpai.

Saat ini, kegiatan Tanoto Foundation telah berdampak positif pada kehidupan ribuan penerima manfaat. Namun, kami tetap berkomitmen untuk menjangkau dan membantu lebih banyak masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

Salam,

Sukanto Tanoto and Tinah Bingei Tanoto

.

Sukanto Tanoto

Sukanto Tanoto adalah Pendiri dan Chairman RGE International, sebuah grup perusahaan manufaktur berbasis sumber daya alam yang berkantor di Singapura, Hong Kong, Jakarta, Beijing dan anjing. Lebih dari 40 tahun lalu, beliau memulai usaha pertamanya sebagai pemasok suku cadang dalam industri minyak dan konstruksi. Sebagai seorang pengusaha dan visioner, beliau memulai bisnis kayunya di tahun 1967. Setelah mencapai sukses, beliau beralih ke industri sumber daya alam lainnya, seperti kelapa sawit, kehutanan, pulp dan kertas, serta pembangkit tenaga listrik.

Sekarang RGE adalah grup global dengan total aset lebih dari 15 trilliun dolar Amerika, memperkerjakan 50 ribu orang, beroperasi di Indonesia, China dan Brazil, serta memiliki kantor penjualan di mancanegara. Bisnisnya terdiri dari pulp dan kertas (APRIL – Asia Pacific Resource International Holding Ltd dan Asia Symbol), kelapa sawit (Asian Agri dan Apical), rayon dan pulp khusus (Sateri International) dan energi (Pacific Oil & Gas).

Sukanto Tanoto meyakini bahwa sebuah perusahaan hanya dapat berhasil jika perusahaan tersebut memiliki nilai tanggung jawab. Dipandu oleh prinsipnya bahwa seluruh bisnis harus dioperasikan dengan cara yang baik untuk masyarakat, baik untuk negara, baik untuk iklim dan baik untuk perusahaan, Sukanto Tanoto memastikan bahwa tiap unit bisnisnya menjalankan pengelolaan lingkungan dan kegiatan sosial yang bertanggung jawab dengan menganut dan mengintegrasikan konsep Corporate Social Responsibility (CSR) dalam kegiatan bisnisnya. Program-program CSR termasuk pelatihan sistem pertanian terpadu yang telah mendukung ribuan penduduk desa menjadi petani mandiri. Kegiatan pengembangan masyarakat lainnya termasuk program usaha kecil dan menengah untuk membangun bisnis, pelatihan kejuruan, hutan tanaman rakyat dan dukungan infrastruktur sosial.

Dibekali dengan rasa keingintahuan intelektual yang kuat dan kepercayaan yang teguh terhadap pembelajaran terus menerus, Sukanto Tanoto tidak hanya meneruskan pendidikannya sendiri di sekolah bisnis terkemuka, seperti INSEAD, Harvard dan Wharton, tetapi juga berkomitmen untuk membantu pendidikan, khususnya bagi masyarakat pedesaan.

Pada tahun 1981, beliau dan keluarganya memulai Tanoto Foundation yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan memajukan masyarakat. Bekerja dalam berbagai bidang termasuk bidang pendidikan, kesehatan dan bantuan bencana, Tanoto Foundation menyediakan beasiswa kepada siswa dan guru, membangun sekolah, juga membagikan peralatan sekolah dan buku pelajaran. Tanoto Foundation juga menyediakan layanan kesehatan di daerah pedesaan dan bantuan cepat tanggap saat terjadi gempa bumi dan bencana alam lainnya.

Sukanto Tanoto adalah anggota dari Dewan Internasional INSEAD, Dewan Pengawas Wharton, Dewan Eksekutif Wharton untuk Asia, serta berbagai lembaga pendidikan, kemasyarakatan dan industri lainnya. Beliau adalah penerima Wharton School Dean’s Medal Award yang merupakan penghargaan bagi orang-orang yang memberikan kontribusi untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan hidup di dunia. Penerima penghargaan ini termasuk kepala negara, pemenang hadiah Nobel, maupun pemimpin dan CEO berbagai perusahaan.