Read Also

Tanoto Foundation mengumumkan kerja sama dengan Ruangguru untuk menyebarkan modul pelatihan melalui teknologi digital dalam acara Learning Innovation Summit 2018 di Jakarta pada pertengahan Maret lalu.

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Dengan kerja sama ini, materi pelatihan guru Tanoto Foundation yang selama ini disampaikan secara tatap muka, akan disebarkan melalui aplikasi Ruangguru.

Materi pelatihan tersebut dikemas dalam bentuk video dan animasi yang menarik dan diunggah secara daring (dalam jaringan) sehingga bisa diakses oleh guru di seluruh Indonesia melalui perangkat telepon pintar dan komputer tablet.

Dengan demikian, guru bisa belajar dan berbagi pengalaman dengan mudah dan cepat. Hal ini diharapkan bisa mempercepat peningkatan dan pemerataan mutu guru di Indonesia, termasuk mereka yang ada di daerah pedesaan.

“Dalam riset PISA (Programme for International Students Assessment) Indonesia tertinggal dari negara-negara anggota OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development). Untuk itu, kita perlu melakukan terobosan untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Terobosan pertama adalah swasta bekerja sama dengan pemerintah. Kedua, penggunaan teknologi sebagai media untuk mempercepat penyebaran materi pelatihan guru,” kata Sihol Aritonang, Ketua Pengurus Tanoto Foundation saat berbicara dalam Learning Innovation Summit 2018.

Untuk bisa mengakses materi pelatihan guru dari Tanoto Foundation, guru bisa membuka aplikasi Ruangguru dan masuk ke saluran Ruangbelajar. Ada berbagai topik materi pelatihan guru yang bisa diakses dan diterapkan dalam proses pembelajaran murid di kelas.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *