Read Also

Sebanyak 45 penerima beasiswa Tanoto Foundation, atau Tanoto Scholars, mengikuti Project Management Training, 19 – 22 Januari 2018 di Jakarta. Kegiatan ini bertujuan melatih Tanoto Scholars dalam merancang dan menjalankan sebuah proyek sosial sehingga lebih berdampak kepada masyarakat.

Melalui organisasi Tanoto Scholars Association (TSA) di daerah-masing-masing, Tanoto Scholars rutin membuat program sosial sebagai wujud pay it forward manfaat yang mereka terima dari Tanoto Foundation. Beberapa kegiatan yang telah dijalankan antara lain mengajar di sekolah dasar oleh TSA Universitas Mulawarman, rebosisasi hutan bakau oleh TSA Medan, ransel baca oleh TSA Universitas Hasanuddin, dan sebagainya.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat. Saya jadi tahu bahwa sebuah program yang baik harus memiliki target yang jelas, bisa diselesaikan, dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Ismi Nurhaidah, Tanoto Scholar dari Universitas Hasanuddin, Makassar.

Sesi pelatihan dimulai dengan presentasi dari masing-masing perwakilan TSA tentang proyek sosial yang telah dijalankan untuk dievaluasi bersama. Masukan dari trainer dan peserta lain dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk program ke depan.

Selanjutnya, peserta mendapatkan materi perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring program. Tahap monitoring menjadi materi yang paling banyak dibahas dalam pelatihan ini.

“Monitoring adalah salah satu tahapan yang sangat krusial dalam sebuah program. Tujuan dari monitoring adalah untuk menjaga kesadaran pelaksana program agar tetap sesuai jalur. Tanpa monitoring, sebuah program bisa berbelok, bahkan bisa berhenti di tengah jalan. Bila dimonitor dengan baik, program bisa berjalan sesuai rencana,” kata Tutuk Utomo Nurhady, trainer dalam workshop ini.

Menurut Tutuk, para peserta sudah memiliki kemampuan cukup baik dalam merancang program. Hal tersebut terlihat dari rencana program yang mereka susun. Beberapa peserta mengaku sudah mendapatkan transfer pengalaman dari Tanoto Scholars angkatan sebelumnya.

Peserta juga diajarkan bagaimana mengevaluasi sebuah program. Tahap ini dilakukan setelah sebuah program dijalankan atau bahkan saat selesai. Dari evaluasi tersebut, akan diketahui bagaimana pencapaian dari program yang dirancang dan dilaksanakan. Bila sesuai rencana, hasilnya pasti akan baik.

Setelah mengikuti Project Management Training, peserta diharapkan bisa merencanakan, menjalankan, memonitor, dan mengevaluasi proyek sosial dengan baik.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *