Read Also

Prestasi membanggakan ditorehkan oleh sekolah mitra Tanoto Foundation, Sekolah Dasar Swasta (SDS) Global Andalan Estate Baserah, Riau, yang memperoleh penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Kuantan Singingi 2017.

Adiwiyata merupakan salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. dalam mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Penghargaan ini diserahkan oleh Bupati Drs. H. Mursini, M.Si. dan Wakil Bupati H. Halim saat  peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Kuantan Singingi ke-18 pada Oktober 2017.

“Kunci keberhasilan memperoleh penghargaan Sekolah Adiwiyata adalah komitmen bersama antara kepala sekolah, guru, murid, dan komite sekolah,” kata Anidar, Kepala SDS Global Andalan Estate Baserah.

Tanoto Foundation mengadakan berbagai pelatihan di sekolah ini, salah satunya Pelita ASRI (Aman, Sehat, dan Ramah Lingkungan). Pelatihan ini berlanjut dengan inisiatif menjadikan SDS Global  Andalan Estate Baserah sebagai sekolah berwawasan lingkungan.

Beberapa kegiatan berbasis lingkungan kemudian dijalankan seperti pengolahan sampah organik, pembuatan bank sampah, pembuatan green house, penghijauan, dan penanaman sayuran oleh murid. Masing-masing kelas diberi sebidang lahan untuk ditanami dan bertanggung jawab dalam mengelolanya.

Tujuan dari pengelolaan ladang ini untuk mengasah keahlian teknis murid di bidang pertanian dan meningkatkan kepedulian mereka terhadap lingkungan. Penghargaan Adiwiyata tingkat kabupaten ini merupakan momentum prestasi yang diharapkan dapat memacu semangat guru dan murid untuk meraih predikat Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi.

Saat ini, SDS Global Andalan Estate Baserah juga menjalankan program Eco Techno Park, yaitu program pembuatan taman ramah lingkungan berbasis teknologi.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *