Read Also

Beasiswa unggulan Tanoto Foundation program National Champion Scholarship untuk tahun penerimaan 2018 telah dibuka. Seperti tahun-tahun sebelumnya, diperkiraan pendaftar akan membanjiri Website resmi Tanoto Foundation. Memang betul, mulai 2017, proses pendaftaran beasiswa Tanoto Foundation hanya melalui Website resmi di www.tanotofoundation.org.

Tanoto Foundation menjadi salah satu pemberi beasiswa terbesar di Indonesia. Bermitra dengan 12 perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia, hingga saat ini telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 2.900 mahasiswa S1 dan S2.

Setiap penerima beasiswa Tanoto Foundation, atau dikenal sebagai Tanoto Scholars, mendapat dukungan biaya kuliah dan uang saku.  Tak hanya itu, berbagai pelatihan untuk peningkatan soft skill rutin diberikan kepada Tanoto Scholars, di antaranya public speaking, blogging, teknik presentasi dalam Bahasa Inggris, dan kemampuan memimpin serta bekerja sama dalam tim.

Tanoto Scholars juga didorong melakukan kegiatan sosial sebagai bentuk pay it forward manfaat yang didapat dari Tanoto Foundation kepada masyarakat. Melalui organisasi Tanoto Scholars Association, mereka merancang dan menjalankan kegiatan sosial di daerah masing-masing. Seluruh kegiatan tersebut mendapat dukungan dari Tanoto Foundation.

Kegiatan yang paling dinanti-nanti adalah event tahunan Tanoto Scholars Gathering (TSG). Kegiatan ini mempertemukan Tanoto Scholars dari seluruh Indonesia. Dalam  TSG, Tanoto Scholars bisa membangun jejaring pertemanan dan saling belajar di antara mereka. Juga ada beberapa kegiatan seru, di antaranya talkshow dari tokoh-tokoh nasional, pelatihan soft skill, kunjungan industri ke perusahaan-perusahaan Royal Golden Eagle Group, serta berbagai games dalam sesi outbound.

Untuk diterima menjadi Tanoto Scholars, ada tiga tahapan yang harus dilalui aplikan, yaitu verifikasi dokumen administrasi, tes psikologi, dan terakhir tes wawancara. Hasil setiap tahapan akan diumumkan secara resmi di Website Tanoto Foundation.

Abraham Madison Manurung, Tanoto Scholar dari Institut Pertanian Bogor sedikit memberikan tips agar lolos seleksi. “Pertama, detail membaca informasi dari website sehingga tidak ada persyaratan yang terlewatkan. Kedua, jangan malu bertanya kepada Tanoto Scholars lain di kampus kamu agar mendapat gambaran proses seleksi. Dan jangan jadi deadliner, alias mendaftar di saat-saat terakhir, karena biasanya banyak kesalahan di saat kita harus terburu-buru mendaftar di akhir batas waktu,” kata Abraham.

“Sebelum kamu memutuskan untuk bergabung dan mendapatkan beasiswa dari Tanoto Foundation, kamu terlebih dulu harus paham nilai-nilai yang menjadi prinsip utama di Tanoto Foundation,” saran Agata Ayu Gita, Tanoto Scholar dari Universitas Indonesia.

Sementara itu, Stephanie Claudia Chrisdyana Tambunan, Tanoto Scholars dari Universitas Sumatera Utara mengungkapkan,”Salah satu kunci untuk bisa lolos seleksi adalah percaya diri saat wawancara dan berusaha menjawab pertanyaan sebaik mungkin.”

Ingin menjadi bagian dari keluarga besar Tanoto Scholars? Yuk, segera mendaftar.

 


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *