Sabtu, 6 Mei 2017

Menengok Kreativitas Anak-anak PAUD Cempaka 7

Akhir April lalu ada suasana berbeda di salah satu PAUD mitra Tanoto Foundation, yaitu PAUD Cempaka 7, Tebet Barat, Jakarta Selatan. Belinda Tanoto, anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, bermain angklung bersama murid-murid PAUD tersebut. Berturut-turut lagu Kicir-kicir, Tanah Airku, dan I Have a Dream mengalun dengan indah. Ternyata murid-murid PAUD Cempaka 7 bisa mengikuti instruksi dirigen dengan sangat baik.

Berlatih angklung adalah salah satu jenis pembelajaran kepada anak-anak PAUD Cempaka 7. Bermain angklung memberikan manfaat beragam kepada anakanak, bukan sekadar meningkatkan kecerdasan musikal, tetapi juga berhasil mengubah perilaku mereka. Dukungan terhadap PAUD merupakan bagian dari upaya Tanoto Foundation  dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Hingga kini, Tanoto Foundation telah mendukung 44 Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta 71 Taman Penitipan Anak (TPA) di Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Jakarta.

Dalam kunjungannya ke PAUD Cempaka 7, Belinda Tanoto juga berdiskusi dengan para guru dan orang tua murid. “Apa saja harapan dan manfaat dari program Tanoto Foundation di PAUD Cempaka 7?” tanya Belinda. “Kami berharap program dari Tanoto Foundationseperti berlatih angklung ini diteruskan. Sebab, anak-anak yang awalnya pemalu jadi lebih percaya diri, bukan hanya saat bermain musik, tapi juga saat bertemu dengan orang yang baru kenal. Latihan ini juga meningkatkan kecerdasan emosional anak. Mereka jadi sabar, karena terlatih menunggu giliran saat memainkan angklung,” kata Melda Novayanti, guru PAUD Cempaka 7. Program-program yang sudah dijalankan Tanoto Foundation di PAUD Cempaka 7 menurut Melda sangat bermanfaat bagi perkembangan sekolah tersebut. Bantuan renovasi ruang kelas dan teras sekolah membuat siswa bisa belajar dengan nyaman dan aman.

Halaman sekolah bisa digunakan sebagai tempat bermain dengan leluasa, karena sekarang sudah ada atap peneduhnya. Saat panas maupun hujan anak-anak tetap bisa bermain dengan nyaman di terassekolah. Dulu hal tersebut sulit dilakukan, karena teras tak beratap sering basah terkena air hujan dan terik sinar matahari.

Guru-guru di PAUD Cempaka 7 juga merasakan manfaat pelatihan yang diadakan Tanoto Foundation untuk mereka. Materi yang diajarkan sangat aplikatif dan mudah diterapkan langsung di dalam kelas. Salah satunya adalah mendongeng sambil bermain drama. Cara ini ternyata membuat para murid antusias mengikutinya dan mereka lebih mudah menyerap nilai-nilai yang diajarkan dalam dongeng. Lewat pelajaran-pelajaran alternatif tersebut, potensi kreativitas anak-anak semakin berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Comments