Rabu, 30 Desember 2015

Tanoto Forestry Information Center Sebagai Dukungan Peningkatan Sektor Kehutanan

Dari kiri, Tanoto Forestry Information Center, sebuah tampilan kayu jati dan tanah mineral, dan e-library.


Disarikan dari artikel Bisnis.com: Sukanto Tanoto: Saya Yakin Di Tangan Jokowi Iklim Usaha Membaik.

Pendiri sekaligus Chairman Royal Golden Eagle (RGE), Sukanto Tanoto optimistis bahwa iklim usaha kehutanan pada tahun depan diperkirakan akan semakin membaik apabila didukung oleh kebijakan pemerintah.

“Saya yakin di bawah pemerintahan Joko Widodo, dunia usaha khususnya industri kehutanan akan lebih baik, asalkan pemerintah menyadari dampak yang ada,” ujar Sukanto Tanoto seusai peresmian Gedung Tanoto Forestry Information Center di Institut Pertanian Bogor, Senin (21/12/2015).

Lebih lanjut Sukanto Tanoto mengatakan bahwa industri kehutanan di Indonesia, berdasarkan jenis hutannya, termasuk sebagai industri sustainable dan bisa dikembangkan dengan baik karena memiliki lahan yang mendukung.

Beliau berharap pemerintah mendorong perkembangan di industri hilir dalam negeri yang diyakini akan berdampak positif terhadap perkembangan industri nasional ke depan. Oleh karena itu, pemerintah perlu mencari keseimbangan antara pengelolaan lingkungan hidup dan pembangunan ekonomi.

Pendiri Tanoto Foundation ini menambahkan, salah satu hal yang tidak kalah penting dalam membangun industri kehutanan yang berkelanjutan adalah keterlibatan masyarakat. Sebab, masyarakat yang tidak memiliki lapangan kerja akan merambah hutan sebagai mata pencaharian.

Beliau menuturkan sektor kehutanan dinilai penting bagi negara, karena separuh luas wilayah Indonesia itu adalah hutan. Dan Indonesia adalah satu dari 17 negara yang kaya akan keanekaragaman hayati.

“Dan kontribusi sektor kehutanan termasuk pulp and kertas di kita ini mencapai US$21 miliar atau 3,5% dari GDP Indonesia. Sekitar 3,8 juta orang hidup dari sektor kehutanan,” katanya.

Untuk itu, sebagai dukungan terhadap pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan informasi terkait kehutanan, Tanoto Foundation bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor membangun Tanoto Forestry Information Center. Fasilitas Tanoto Forestry Information Center termasuk e-library yang dilengkapi dengan akses ke berbagai jurnal kehutanan internasional, ruang seminar, student hall, dan informasi mengenai kehutanan dalam berbagai panel dan video.

Dengan berbagai fasilitas tersebut, Tanoto Forestry Information Center diharapkan menjadi pusat informasi kehutanan Indonesia, Asia, dan dunia serta sebagai pusat kolaborasi berbagai universitas dan lembaga riset dunia. Diharapkan semua upaya ini dapat mendukung pemanfaatan hutan Indonesia yang baik dan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Comments