Selasa, 17 November 2015

Tanoto Foundation Mendukung Pelaksanaan Sustainable Development Goals di Indonesia

Gambar kanan atas: Belinda Tanoto, anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, bersama Douglas Broderick, United Nations Resident Coordinator Indonesia.


Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan bentuk penyempurnaan dari Millenium Development Goals (MDGs) yang sudah mencapai tahap akhir di tahun 2015. Dalam diskusi panel yang digelar Tanoto Foundation dan Nanyang Technological University (NTU) di Singapura, Douglas Broderick, United Nations Resident Coordinator menyatakan, “Kita harus bisa mengukur kemajuan SDGs dari waktu ke waktu. Untuk itu diperlukan data mulai dari tingkat nasional hingga desa, agar capaian dan tantangan SDGs bisa diukur di semua tingkatan.”

Sihol Aritonang, Ketua Pengurus Tanoto Foundation, mengemukakan komitmen untuk mendukung pencapaian SDGs. “Ini sesuai dengan prinsip pendiri Tanoto Foundation, Bapak Sukanto Tanoto dan Ibu Tinah Bingei Tanoto, bahwa pihak swasta dan lembaga filantropi dapat melakukan karya yang nyata di tingkat daerah untuk mendukung pencapaian MDGs yang sekarang diperluas dalam SDGs”. Untuk itu, tambah Sihol Aritonang, Tanoto Foundation akan melanjutkan program di bidang Pendidikan, Pemberdayaan Masyarakat serta Peningkatan Kualitas Hidup, dan juga meningkatkan kemitraan. “Kemitraan Tanoto Foundation dengan lembaga-lembaga di United Nations (PBB) akan diperluas untuk mencakup pengembangan sekretariat bersama, pengembangan platform SDGs di tingkat nasional, serta upaya merumuskan SDGs di tingkat lokal”, tambah Sihol Aritonang.

Dalam sektor pendidikan misalnya, SDG menargetkan pendidikan bermutu yang inklusif dan merata serta promosi proses belajar sepanjang hidup. Tanoto Foundation berupaya dalam peningkatan mutu dan akses pendidikan. Hingga saat ini, Tanoto Foundation telah melaksanakan Program Pelita Pendidikan dan bermitra dengan lebih dari 320 sekolah di Sumatera Utara, Riau, dan Jambi dalam meningkatkan mutu pendidikannya. Untuk peningkatan akses pendidikan, Tanoto Foundation telah memberikan lebih dari 5,400 beasiswa kepada mahasiswa di Indonesia. Tanoto Foundation juga mendukung pendidikan anak usia dini di Riau, Sumatera Utara, Jambi dan Jakarta.

(Baca: Daftar Beasiswa Non-Ikatan Dinas)

“Semua kegiatan Tanoto Foundation bermuara kepada usaha menanggulangi kemiskinan dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Kami merasa bangga karena Tanoto Foundation memiliki misi yang sejalan dan menjadi bagian dari proses inklusif implementasi program-program SDGs di Indonesia,” ujar Sihol Aritonang.

(Baca: Beasiswa Ikatan Dinas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Comments