Read Also

Peserta Tanoto Initiative at the Wharton School Global Faculty Development Program.


Untuk ketiga kalinya sejak 2013, Tanoto Foundation mengirim dosen perguruan tinggi Indonesia ke The Wharton School of the University of Pennsylvania, Amerika Serikat. Untuk tahun 2015 ini, sebanyak enam dosen yang terdiri dari tiga dosen Universitas Gadjah Mada dan tiga dari Universitas Indonesia berangkat ke The Wharton dalam upaya meningkatkan kapasitas mereka.

Dalam kegiatan yang bernama Global Faculty Development Program, para dosen belajar dari para guru besar The Wharton School tentang hal-hal penting terkait penyusunan paper agar hasil studi mereka dapat dipublikasikan oleh jurnal internasional yang terkemuka. Ke enam dosen tersebut adalah Amin Wibowo, Bowo Setiyono dan Eddy Junarsin dari Universitas Gadjah Mada, Ratna Wardhani, Sri Rahayu Hijrah Hati, dan Sylvia Veronica dari Universitas Indonesia.

Topik penelitian dosen-dosen ini cukup beragam, meliputi ‘Apakah Keragaman Anggota Dewan Direksi Bank Mempengaruhi Kinerja dan Risiko; Studi Kasus dari Pasar Negara Berkembang’ hingga ‘Pengaruh Sistem Governance dan Derajat Konvergensi terhadap Standar Pelaporan Keuangan Internasional dan Kualitas Pelaporan Keuangan: Bukti dari Asia’.

“Kami masih merasa tertinggal dengan universitas-universitas di luar negeri terutama dalam hal mempublikasikan hasil penelitian kami di jurnal internasional yang terkemuka. Untuk itu, kami butuh dukungan berbagai pihak untuk memperbaiki hal ini. Saya berharap dukungan dari Tanoto Foundation ini membuat kami, para staf pengajar perguruan tinggi di Indonesia, terpacu untuk menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkualitas,” tutur Ratna Wardhani, salah satu dosen yang berangkat ke The Wharton.

Faculty Development Program ini merupakan bagian dari Tanoto Initiative at The Wharton School yaitu kegiatan kerja sama Tanoto Foundation dengan The Wharton School yang sudah lama terjalin. Tanoto Foundation juga telah mendatangkan beberapa profesor dari The Wharton School untuk memberikan kuliah umum dalam berbagai topik kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Indonesia maupun di Universitas Gadjah Mada. Selain itu, mahasiswa The Wharton School secara berkala berkunjung ke Indonesia untuk mempelajari langsung berbagai praktik bisnis berkelanjutan yang dilakukan oleh mitra korporasi Tanoto Foundation di Indonesia.


Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *