Read Also

Ditulis oleh Jazuli, Tanoto Foundation Jambi

SD Negeri 160/V Bukit Harapan adalah salah satu sekolah di sekitar kawasan perkebunan PT Inti Indosawit Subur Tungkal Ulu yang telah menerima program bantuan dari Tanoto Foundation. Sebagai bagian program untuk mendukung siswa memiliki perilaku hidup bersih dan sehat, Tanoto Foundation membangun sumur bor pada tahun 2012 yang masih berfungsi baik hingga sekarang.

Karena bantuan dari Tanoto Foundation, sekolah dapat membangun fasilitas cuci tangan di depan kelas sehingga siswa dapat melakukan kebiasaan mencuci tangan mereka sebelum dan setelah beraktivitas. Secara bersamaan, SD Negeri 160/V Bukit Harapan juga mengadakan kampanye Cuci Tangan dengan Sabun serta memberikan KIT Hygiene kepada siswa sehingga mereka bisa mempertahankan kebiasaan hidup sehat dalam jangka panjang.

Selain menyediakan fasilitas sumur bors, Hygiene KIT, dan bantuan lainnya, Tanoto Foundation juga melatih para guru sehingga mereka bisa mendukung kebiasaan hidup bersih dan sehat serta perilaku ramah lingkungan siswa. Tanoto Foundation telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjung Jabung Barat sejak 2012 untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kita sebagai warga SD Negeri 160 / V Bukit Harapan sangat berterima kasih kepada Tanoto Foundation untuk program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini. Selain itu, Tanoto Foundation juga telah melatih kepala sekolah dan guru tentang Sekolah Sehat dan Ramah Lingkungan ini. Sekarang tidak ada alas an bagi kami untuk menyia-nyiakan bantuan fisik ┬ádan pengetahuan yang diberikan kepada kami oleh Tanoto Foundation, “kata Nurul Hidayati, Kepala SD Negeri 160 / V Bukit Harapan.

Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation bekerjasama dengan Asian Agri menyasar ke sekolah-sekolah di sekitar perkebunan PT Inti Indosawit Subur di Tungkal Ulu, Tanjung Jabung Barat, Jambi. Tujuan dari program ini adalah untuk mewujudkan sekolah yang bersih, sehat dan ramah lingkungan di sekitar areal perkebunan Asian Agri. Kegiatan meliputi pembangunan dan renovasi toilet, membuat sumur bor dan fasilitas air bersih, dan pengelolaan sampah di sekitar sekolah secara efektif.


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *