Kamis, 22 Maret 2018

Tiga Tips Penting untuk Mendapatkan Beasiswa

Banyak jalan ke Roma, begitu kata pepatah. Ada banyak cara juga untuk membiayai sekolah atau kuliah, salah satunya melalui beasiswa.

Saat ini jumlah beasiswa yang tersedia untuk masyarakat sangat beragam mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga doktoral. Jumlahnya juga sangat banyak.

Tanoto Foundation juga turut serta mendukung terbukanya akses pendidikan bagi masyarakat. Tentu saja tidak semua orang yang mengajukan beasiswa bisa menerimanya, karena ada proses seleksi yang harus diikuti.

Tak jarang, untuk mendapatkan beasiswa, satu orang harus bersaing dengan puluhan hingga ribuan orang.

Tapi sebenarnya, ada beberapa hal yang kadang dianggap remeh, ternyata justru jadi kunci utama meraih beasiswa. Apa saja?

1. Lengkapi berkas persyaratan

Hal pertama dan paling penting dari seleksi beasiswa adalah berkas persyaratan. Persiapkan dan periksa berkasmu setidaknya tiga kali. Pastikan sudah benar dan lengkap.

Secerdas apa pun kamu, bila berkas persyaratan tidak lengkap atau salah, kemungkinan besar kamu tidak akan lolos.

2. Psikotes dengan kondisi prima

Beberapa beasiswa mensyaratkan psikotes bagi calon penerimanya. Hal paling penting saat kamu akan ikut psikotes adalah kondisi fisik dan mental yang prima.

Psikotes bukan ujian kuliah, kamu tak perlu belajar sepanjang malam. Istirahat cukup dan sarapan sebelum psikotes lebih penting.

3. Tunjukkan potensi saat wawancara

Saat wawancara, bersikaplah tenang dan percaya diri. Tak perlu gugup. Tunjukkan apa saja kelebihanmu dan prestasi apa saja yang kamu miliki. Tunjukkan juga visi kamu di masa depan. Kejelasan tentang gambaran masa depanmu bisa jadi nilai lebih yang akan dilihat pewawancaramu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Comments

Ayub Sihotang - Maret 17, 2020

Cara ikut beasiswa tanoto foundation

Tanoto Foundation - Juli 15, 2020

Hi silahkan klik https://www.tanotofoundation.org/en//id/program-teladan-2020/ untuk info lengkapnya