Read Also

Tanoto Foundation telah bekerja sama dengan The Wharton School of the University of Pennsylvania, Amerika Serikat, sejak 2013. Tujuan kerja sama dengan lembaga internasional ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Melalui dukungan Tanoto Foundation, para dosen dari The Wharton School bisa mengunjungi universitas-universitas di Indonesia, seperti Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia. Para dosen tersebut mengisi kuliah umum dengan berbagai topik, seperti  “Keseimbangan yang Sangat Peka: Peran Negara dalam Inovasi” dan “Tanggung  jawab Sosial Perusahaan di Abad 21”. Selain itu, profesor-profesor  dari UGM dan UI juga dikirim ke The Wharton School untuk belajar membuat paper agar bisa dipublikasikan di jurnal terkemuka dunia.

Kegiatan lain dalam kerja sama ini adalah Global Modular Course, di mana mahasiswa dari The Wharton School secara rutin mengunjungi Indonesia dan negara ASEAN lain untuk belajar langsung tentang peluang bisnis dan tantangan yang dihadapi. Pada Mei 2017, sebanyak 42 mahasiswa dari The Wharton School dan Singapore Management University mengunjungi Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau. Dalam kunjungan dua hari tersebut, mereka belajar tentang komitmen perusahaan-perusahaan Grup Royal Golden Eagle (RGE) dalam mengimplementasikan nilai 4C: Baik untuk Community (Masyarakat), Baik untuk Country (Negara), Baik untuk Climate (Iklim), dan Baik untuk Company (Perusahaan).

Dalam kegiatan Global Modular Course 2017 ini, para mahasiswa juga bertemu dengan pembatik yang mendapat dukungan dari perusahaan Grup RGE. Di hari terakhir kegiatan, mereka mengunjungi Desa Kuala Terusan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat dan menikmati hidangan lezat.

“Melalui program kerja sama sini,  kami berharap  lebih banyak lagi pihak internasional yang mempelajari praktik-praktik baik perusahaan Grup RGE. Kami juga berharap prakarsa semacam ini akan membuka peluang bagi Indonesia untuk melakukan kerja sama dengan negara atau lembaga lain di berbagai bidang, misalnya pengembangan perekonomian masyarakat atau upaya yang terintegrasi untuk mendukung upaya keberlanjutan dalam menjalankan bisnis,” kata Ketua Pengurus Tanoto Foundation Sihol Aritonang.

 


Leave a Reply