Read Also

Global Modular Course adalah program kerjasama antara Tanoto Foundation dan  The Wharton School of the University of Pennsylvania yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa Perguruan Tinggi dari Amerika Serikat tersebut untuk belajar secara langsung mengenai tantangan dan peluang bisnis di Indonesia maupun negara ASEAN lainnya.

Pada Global Modular Course 2017 yang dilakukan bulan Mei lalu, sebanyak 42 peserta  dari The Wharton School dan Singapore Management University mengunjungi Pangkalan Kerinci, Riau. Selama dua hari, mereka mempelajari praktik-praktik sustainability perusahaan-perusahaan Grup Royal Golden Eagle (RGE) dalam  menjalankan visi 4Cs yaitu baik untuk masyarakat (community), baik untuk negara (country), baik untuk iklim (climate),  dan  baik untuk perusahaan (company).

Mereka juga melihat langsung upaya  Asian Agri dalam mengelola kebun kelapa sawit dengan menggunakan pendekatan yang ramah lingkungan. Untuk menanggulangi hama tikus perusak buah sawit misalnya, salah satu anak perusahaan dari Grup RGE tersebut menggunakan predator alam yaitu burung hantu. Selain itu, mereka juga mengunjungi Kerinci Nursery Center untuk mempelajari bagaimana lembar daun akasia dikembangkan untuk ditanam di Hutan Tanaman Industri.

Para peserta juga bertemu dengan pembatik mitra PT. Riau Andalan Pulp & Paper dan berkunjung ke Desa Kuala Terusan. Di desa ini, para peserta mencicipi kuliner lokal, dan berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat.

“Melalui program kerjasama sini,  kami berharap  lebih banyak lagi pihak internasional yang mempelajari praktik-praktik baik sektor industri Indonesia. Prakarsa semacam ini akan membuka peluang bagi Indonesia untuk melakukan kerja sama dengan negara atau lembaga lain di berbagai bidang, misalnya pengembangan perekonomian masyarakat atau upaya yang terintegrasi untuk mendukung upaya keberlanjutan dalam menjalankan bisnis,” kata Ketua Pengurus Tanoto Foundation Sihol Aritonang.

Tanoto Foundation telah bekerjasama dengan The Wharton School sejak 2013. Selain Global Modular Course,  kegiatan lainnya termasuk kuliah umum  dari berbagai professor The Wharton School di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Selain itu, dosen UI dan UGM juga dikirimkan ke The Wharton School untuk meningkatkan kemampuan menghasilkan tulisan ilmiah yang dapat diterbitkan di jurnal internasional terkemuka.


Leave a Reply